Setahun Jokowi-Ma'ruf, Gibran Rakabuming Sebut PR Jokowi Masih Banyak

Tim Editor

Putra Sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka saat blusukan virtual kegiatan kampanye sebagai calon wali kota Solo, Selasa 20/10/2020 (Amalia Putri/ Era.id)

ERA.id - Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin telah berjalan selama satu tahun. Terkait hal ini, putra sulung Jokowi yang juga calon wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mempunyai harapan pada pemerintahan ayahnya. 

Ditemui saat blusukan secara virtual, Gibran berharap pemerintahan Jokowi bisa berjalan lebih baik. Pasalnya saat ini dirinya menilai pemerintahan ayahnya masih banyak pekerjaan rumah (PR). 

"PR-nya masih banyak. Ya tahu sendiri lah, salah satunya COVID-19 ini," ucap Gibran. 

Terkait dengan kritik dan saran, Gibran enggan berkomentar. Dirinya justru meminta warga masyarakat agar memberikan kritik dan saran pada ayahnya.

"Kalau dari saya nanti bias. Biar masyarakat saja yang menilai," ucapnya. 

Dirinya juga berharap pandemi saat ini biar bisa segera selesai. Sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas secara normal lagi.  Sementara itu partner Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menilai sudah banyak yang dikerjakan oleh pemerintahan Jokowi. Meskipun saat ini tengah terjadi pandemi COVID-19, namun pemerintahan masih berjalan stabil. 

"Sudah banyak yang dikerjakan. Terbukti biarpun pandemi pemerintahan masih stabil," ucap Rudy yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Solo tersebut. 

Menurutnya Jokowi memiliki pekerjaan rumah dengan menyelesaikan visi dan misi yang sudah dibuat. Disamping itu pemerintahan Jokowi juga harus memperbaiki Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Menengah Nasional (RPJMN).

"Melanjutkan visi dan misi yang belum selesai. Lima tahun itu belum bisa menyelesaikan," ucapnya. 

Saat Rudy ditanya terkait hubungannya dengan Jokowi saat ini, dirinya tetap menjaga hubungan baik tersebut. Apalagi saat ini di tengah pandemi, sehingga satu sama lain tetap harus menjaga. 

"Jangan sampai ada kekhawatiran kalau saya datang membawa virus, yang jelas masih sering komunikasi," ucapnya. 

Beberapa waktu lalu, sempat terhembus kabar Jokowi dan Rudy berselisih paham. Sebelum rekomendasi calon wali kota dan wakil wali kota Solo dari PDIP turun, Rudy sempat mendukung wakil wali kota Solo Achmad Purnomo. Di sisi lain Gibran yang merupakan putra sulung Jokowi juga memperebutkan rekomendasi yang sama. Namun pada akhirnya rekomendasi jatuh pada Gibran. 

Tag: gibran rakabuming raka gibran rakabuming gibran calon walikota solo pilkada 2020 Pilkada Solo

Bagikan: