'Amunisi' Gibran dan Teguh Siapkan Debat Perdana Pilkada Solo

Tim Editor

Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa di kantor DPC PDIP Solo (Amalia Putri/ Era.id)

ERA.id - Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa bersiap untuk debat yang rencananya digelar pada Jumat (6/11) mendatang. Gibran sudah percaya diri dengan pelaksanaan debat mendatang.

Saat ditemui usai rapat koordinasi debat di Kantor KPU Kota Solo, Senin (26/10), Gibran mengatakan telah siap. Dia bersama timnya telah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan.

"Nanti kita perkuat lagi dengan simulasi," ucap Gibran di KPU Solo dikutip Selasa (27/10/2020).

Ia juga sudah mengetahui kisi-kisi yang akan dibahas dalam debat yang akan berlangsung pekan depan tersebut. Namun Gibran enggan menjelaskan lebih lanjut terkait detail materi debat.

"Ada tiga materi, tapi nanti tanya ke KPU saja," ucap Gibran.

Dia mengatakan sudah sangat siap menghadapi debat mendatang. Apalagi selama ini Gibran merasa sudah memiliki bekal cukup dengan blusukan dan bertemu dengan warga masyarakat, baik secara langsung maupun secara virtual.

Selain itu Gibran juga mengatakan telah berlatih debat beberapa kali. Untuk latihan ini Gibran juga menggandeng beberapa orang yang berkompeten dan mengetahui masalah di Kota Solo.

"Ada beberapa, akademisi juga ada. Tapi rahasia," ucapnya.

Adapun debat calon wali kota Solo akan dijadwalkan terlaksana pada Jumat (6/11). Dalam pelaksanaannya, akan disiarkan secara live di stasiun televisi. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo Nurul Sutarti mengatakan sudah ada satu stasiun TV yang mempunyai hak untuk menyiarkan debat ini. "Kami mendapat fasilitas free dengan stasiun televisi. Hak eksklusif ada di KPU Kota Solo," ucap Nurul Sutarti dalam Rapat Koordinasi Debat bersama dengan pasangan calon (Paslon) di KPU Solo, Senin (26/10/2020).

Selain satu stasiun televisi yang menyiarkan secara langsung, ada dua stasiun televisi lainnya yang menyiarkan secara relay. Karena hak eksklusif berada di KPU, maka produksi iklan layanan menjadi kewenangan KPU Solo. 

"Jadi stasiun televisi lain bisa menayangkan dengan catatan clean feed. Jadi tidak ada logo dari stasiun TV yang menayangkan live. Logonya dari KPU semua" ucap Nurul.

Dalam pelaksanaannya, debat pasangan calon (Paslon) Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo akan ditayangkan dalam waktu 120 menit. Sebanyak 90 menit untuk acara dan 30 menit untuk istirahat.

"Ada delapan segmen yang disiapkan. Semuanya menyiarkan pukul 19.00 hingga pukul 22.00 WIB. Untuk TV yang live yakni Metro TV, sedangkan yang relay yakni TV One dan Kompas TV," ucap Nurul.

Pada pelaksanaan debat nanti akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Masing-masing paslon hanya diperkenankan membawa empat orang yang akan mendampingi pada saat debat.

"Jadi totalnya kalau bersama Paslon ada enam orang," ucap Nurul.

Terkait dengan panelis, KPU juga telah menyiapkan dan menunjuk orang-orang yang tahu mengenai permasalahan kota Solo. Namun Nurul enggan mengungkap lebih jauh siapa saja yang ditunjuk. Sedangkan untuk tim penyusun materi, terdapat berbagai unsur.

"Ada yang dari akademisi, tokoh masyarakat, budayawan dan profesional," ucap Nurul.

Tag: gibran rakabuming raka pilkada 2020 Pilkada Solo

Bagikan: