Benarkah Kim Jong Un Komentari Kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia? Ini Fakta Sesungguhnya

| 17 Nov 2020 16:20
Benarkah Kim Jong Un Komentari Kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia? Ini Fakta Sesungguhnya
Ilustrasi kolase Kim Jong Un dan Habib Rizieq Shihab. (Commons Wikimedia/ERA.id)

ERA.id - Sebuah akun Facebook bernama Hendra Fafindra Hardi Siswanto mengunggah sebuah konten yang diklaim komentar Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un terkait kepulangan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab ke Indonesia.

Postingan ini mengarahkan pembaca ke laman YouTube yang diklaim berisi video komentar dari Kim Jong Un. Video tersebut diawali dengan narasi visual terkait berita kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia. 

Lalu, di menit ke 4.14, menampilkan rekaman pidato dari Kim Jong Un yang diisi dengan suara berbahasa Indonesia dari pihak lain.

"Wowww…Apa ya pesan kim jong un?? Sampai angkat bicara pulangx habib rizieq?" tulis akun tersebut.

Setelah ditelusuri, video tersebut merupakan rekaman Kim Jong Un yang dimanipulasi. Video aslinya berisi pidato dari Presiden Korea Utara pada parade militer dalam rangka memperingati ulang tahun Partai Buruh Korea Utara yang ke-75.

Pencarian berita melalui Google juga tidak menunjukkan adanya komentar resmi dari Presiden Korea Utara ini terkait kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia.

Maka dari hasil penelusuran tersebut, dapat disimpulkan bahwa postingan yang menyatakan bahwa Kim Jong Un memberikan komentar terkait kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia adalah hoaks dan kategorikan sebagai manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

Rekomendasi