Postingan Habib Rizieq Shihab Dihadiahi Pesawat dari Raja Salman adalah Bohong

Tim Editor

Video pesawat bergambar Habib Rizieq adalah hoaks. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Sebuah akun Facebook bernama Edi S mengunggah sebuah video pesawat bertuliskan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Postingan tersebut dibagikan dalam forum Facebook Kami Bersama Gatot Nurmantyo, Kamis (5/11).

Video itu disertai keterangan yang mengatakan bahwa pesawat tersebut merupakan hadiah dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

"BREAKING NEWS: Hadiah terbesar dari Raja Salman Arab Saudi," tulis postingan tersebut.

Hoaks pesawat Habib Rizieq hadiah dari Raja Salman. (Foto: Istimewa)

 

Namun, setelah ditelusuri video pesawat bergambar Habib Rizieq adalah hoaks, demikian dilansir dari laman turnbackhoax.id. Faktanya, video tersebut bukan memberitakan hadiah pesawat dari Raja Salman untuk Habib Rizieq, melainkan merupakan video animasi yang sudah beredar sejak tahun 2017.

Video animasi pesawat yang sebenarnya telah diunggah oleh kanal YouTube AMF Channel pada 27 Desember 2017 serta kanal YouTube Studio Habibi pada 31 Desember 2017.

Baca Juga : Pulang Selasa 10 November 2020, Ini Jadwal Kegiatan Rizieq Shihab Saat Tiba di Indonesia

Dengan demikian, video yang diunggah oleh pengguna Facebook Edi S dalam forum Kami Bersama Gatot Nurmantyo tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

 

Tag: berita hoaks habib rizieq shihab arab saudi rizieq shihab rizieq shihab pulang

Bagikan: