Profil Edhy Prabowo: Atlet Silat Orang Dekat Prabowo yang Jadi Menteri, Kini Ditangkap KPK

Tim Editor

Edhy Prabowo 9Dok. KKP)

ERA.id - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo ditangkap KPK terkait ekspor benur. Siapa Edhy Prabowo?

Edhy Prabowo merupakan politikus Partai Gerindra, ia menjabat sebagai Waketum Gerindra sebelum dilantik Presiden Jokowi menjadi Menteri KKP. Salah satu kebijakan kontroversialnya terkait kebijakan ekspor benih lobster, yang tadinya dilarang, kini diperbolehkan. 

Berikut ini profil Edhy Prabowo. Edhy lahir pada 24 Desember 1972 di Muara Enim, Sumatera Selatan. Ia dikenal sebagai atlet pencak silat nasional. 

Ia ikut bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) maupun sejumlah kejuaraan pencak silat di luar negeri.  

Selain menjadi atlet, Edhy Prabowo bermimpi ingin menjadi tentara. Ia diterima menjadi taruna di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) Magelang, Jawa Tengah. 

Namun, Edhy Prabowo hanya bertahan selama dua tahun karena melakukan pelanggaran dan dikeluarkan dari Akabri. Gagal menjadi tentara, Edhy tak mau kembali ke kampung halaman. Ia meminta izin kepada kedua orang tuanya untuk merantau ke Jakarta. 

Masuk ke Gerindra dan Menjadi Caleg 

Ketika Prabowo mendirikan Partai Gerindra, Edhy Prabowo pun bergabung. Ia lalu mencoba peruntungannya sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari daerah pemilihan (dapil) Sumatera Selatan II. Persaingan di pemilihan legislatif 2009 sangat ketat. Edhy berhadapan dengan sejumlah politisi senior, antara lain Dodi Alex Nurdin dan Nazarudin Kiemas. 

Edhy berhasil lolos menjadi anggota DPR periode 2009-2014 setelah mendapatkan suara terbanyak di dapilnya. Ia ditugaskan di Komisi VI yang membidangi industri, perdagangan, koperasi, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Pada 2012, Edhy terpilih menjadi wakil ketua umum bidang keuangan dan pembangunan Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Partai Gerindra. Di luar aktivitasnya sebagai politisi, ia juga dipercaya membantu Prabowo menjalankan bisnisnya sebagai presiden direktur dan komisaris PT Kiani Lestari Jakarta. 

Ia pun aktif sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), organisasi yang pernah dipimpin oleh Prabowo. Pada Pileg 2014, Edhy kembali mencalonkan diri. Edhy Prabowo melenggang ke Senayan dan menjabat sebagai anggota DPR untuk periode 2014-2019. Kali ini ia ditugaskan menjadi Ketua Komisi IV yang mengurusi bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan, dan pangan.

 

Tag: Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menteri KKP ditangkap edhy prabowo ditangkap kpk profil edhy prabowo

Bagikan: