Fakta Anies Baswedan Jenguk Habib Rizieq Shihab yang Positif COVID-19

Tim Editor

Hoaks Anies Baswedan jenguk Rizieq Shihab yang sedang sakit. (Foto: melekpolitik.com)

ERA.id - Sebuah akun Facebook Melekpolitikcom membagikan sebuah artikel berjudul "Viral! Beredar Foto Anies jenguk Rizieq yang Positif Covid-19" yang dimuat dalam situs melekpolitik.com, Selasa (24/11/2020).

Dalam foto tersebut terlihat Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sedang terbaring di dalam sebuah ruangan di rumah sakit. Di sampingnya berdiri 2 orang yang mengenakan APD.

Terdapat juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPP FPI Slamet Ma'arif yang tidak mengenakan masker dalam ruangan tersebut.

Namun, setelah ditelusuri, dilansir dari laman turnbackhoax.id, kalim disertai foto Rizieq Shihab yang sedang dijenguk Anies Baswedan adalah klaim yang salah.

Faktanya, foto itu merupakan foto hasil editan atau suntingan yang menggabungkan 4 foto yang berbeda. 

Konten Rizieq Shihab yang dimanipulasi. (Foto: turnbackhoax.id)

Foto Rizieq Shihab yang terbaring itu merupakan foto yang sudah beredar sejak tahun 2016. Foto Anies Baswedan, merupakan foto pada April 2017 dan foto Slamet Maarif adalah foto pada Februari 2020. Sementara itu, foto dokter dengan APD lengkap adalah foto yang sudah beredar sejak April 2020.

Terakhir, klaim bahwa Rizieq Shihab terpapar COVID-19 juga tidak benar. Wakil Sekretaris Umum FPI, Aziz Yanuar mengatakan hasil tes swab Rizieq Shihab dinyatakan negatif COVID-19.

Rizieq menjalani tes swab PCR secara mandiri dengan tim Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) dan Hilal Merah Indonesia (HILMI). Selain itu, keluarga pemimpin FPI itu pun juga turut mengikuti tes swab dan hasilnya juga negatif.

Kesimpulannya, klaim bahwa Anies Baswedan menjenguk Imam Besar FPI Rizieq Shihab yang terpapar COVID-19 adalah hoaks dan merupakan konten yang dimanipulasi.

Foto Anies Baswedan yang dimanipulasi. (Foto: turnbackhoax.id)

 

Tag: berita hoaks rizieq sihab anies baswedan rizieq shihab pulang

Bagikan: