Fakta Rizieq Shihab yang Isunya Kritis karena Positif Corona

Tim Editor

Rizieq Shihab (DOK. ANTARA)

ERA.id - Sebuah akun Facebook Utomo Mulyow Prayoga mengunggah gambar tangkapan layar yang memperlihatkan ambulans dan foto Rizieq Shihab yang sedang berbaring. 

Pada gambar tersebut juga terdapat narasi bahwa Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu saat ini sedang dalam keadaan kritis karena terjangkit virus Corona.

"Semoga di segerakan," unggah akun Facebook Utomo Mulyow Prayogo, Kamis (26/11/2020).

Namun, dari hasil penelusuran, dilansir dari laman turnbackhoax.id, foto ambulans dan Rizieq Shihab tersebut tidak ada kaitannya dengan kondisinya saat ini. Foto ambulans tersebut pernah tayang pada artikel milik palu.tribunnews.com dengan judul "Pasien Positif Covid-19 Kabur dari Ambulans dan Berbaur dengan Massa Demo UU Cipta Kerja" yang tayang pada Rabu (21/09/2020).

Caption

 

Sedangkan foto Rizieq Shihab yang sedang berbaring pernah tayang pada artikel milik wartakota.tribunnews.com dengan judul "Habib Rizieq Dirawat di Rumah Sakit Ummi Bogor Sejak Selasa Siang" yang tayang pada Selasa (06/12/2016).

Melalui penelusuran lebih lanjut, pada artikel ERA.id berjudul Habib Rizieq Shihab Masuk IGD RS Ummi Bogor, Begini Kondisinya Sekarang, Rizieq Shihab saat ini dirawat di Rumah Sakit (RS) Ummi, Kota Bogor, Jawa Barat. Kondisinya dikabarkan menurun usai kelelahan lantaran banyak menghadiri kegiatan setibanya di Tanah Air.

Direktur Utama RS Ummi, Andi Tatat mengatakan Rizieq Shihab menjalani perawatan sejak kemarin, Rabu (25/11).

"Memang benar Habib Rizieq kemarin ke RS Ummi, masuk IGD karena beliau capek dengan aktivitas beliau begitu pulang (ke Indonesia) langsung maraton ketemu dengan ini itu," kata Andi, Kamis (26/11/2020).

Tangkapan layar video Habib Rizieq Shihab saat dikunjungi anak dan menantunya di RS Ummi Kota Bogor. (Twitter @Kabar_FPI)

 

Andi memastikan, saat ini Rizieq Shihab dalam kondisi sehat. Pemeriksaan rontgen juga menunjukan hasil yang baik. "Dalam keadaan sehat wal afiat, segar, tapi masih dalam pantauan kami. Insyaallah masih aman dan hasil lab rontgen semuanya baik," terangnya.

Namun, Andi belum bisa memastikan berapa lama Rizieq Shihab akan menjalani perawatan. Tim dokter masih melakukan pemantauan sampai benar-benar pulih.

"Kita liat pantauan dari tim dokter, supaya beliau bisa istirahat juga. Karena kalau beliau sudah dilepas, beliau langsung segera aktivitas lagi. Jadi beliau benar-benar istirahat total," ungkap Andi.

Selama dirawat, Andi memastikan tidak ada yang bisa menjenguknya selain keluarga. Menurutnya, sesuai protokol kesehatan, semua pasien tidak boleh ada yang dijenguk. Ditambah, pihak keluarga tidak menerima tamu siapa pun.

"Dari beliau dan keluarga tidak menerima tamu siapapun, bahkan dari DPP FPI juga tidak diberi kewenangan masuk. Sesuai arahan protokol, memang semua pasien apapun itu tidak boleh ada yang jenguk. Itu berlaku semuanya," ujarnya.

Andi menjelaskan, hanya sang istri yang menemani Rizieq Shihab yang dirawat di ruang President Suite. Sang istri pun sudah menjalani pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat.

"Ikut check up juga (istrinya), tapi aman. Ikut mengiri saja," pungkas Andi.

Pada artikel berjudul FPI Klaim Hasil Swab Test Rizieq Shihab Negatif COVID-19 juga dijelaskan bahwa Wakil Ketua Umum FPI Aziz Yanuar mengklaim hasil uji usap atau swab test PCR pimpinan FPI Rizieq Shihab negatif. Setelah dikabarkan jatuh sakit beberapa hari setelah pernikahan putri keempatnya, Aziz mengatakan, Rizieq menjalani swab test mandiri pada Minggu (22/11/2020).

"Sudah, sudah tes kemarin. Negatif," ujar Aziz saat dikonfirmasi wartawan, Senin (23/11/2020).

Aziz menjelaskan, swab test dilakukan oleh Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) dan Hilal Merah Indonesia (HILMI). Dia menambahkan, tak hanya Rizieq saja yang hasil swab test-nya negatif, tapi juga istri serta anak dan menantunya juga dinyatakan negatif COVID-19.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa informasi dengan klaim Rizieq Shihab kritis karena positif Corona adalah salah dan masuk ke dalam kategori Konten yang Salah.

Tag: fpi covid-19 di indonesia pernyataan pangdam jaya soal fpi dan rizieq shihab rizieq shihab dirawat habib rizieq shihab sakit rizieq shihab sakit corona

Bagikan: