Haikal Hassan Dipolisikan, Mahfud MD Ingat Cerita Gus Dur: Katanya Demokrasi, Kok Bermimpi Saja Dilarang

| 16 Dec 2020 12:19
Haikal Hassan Dipolisikan, Mahfud MD Ingat Cerita Gus Dur: Katanya Demokrasi, Kok Bermimpi Saja Dilarang
Mahfud MD (Dok. Antara)

ERA.id - Sekjen Habib Rizieq Shihab Center, Haikal Hassan dilaporkan ke kepolisian karena bercerita soal mimpi enam laskar FPI yang bertemu Rasulullah SAW. Pelapor, Husein Shihab menilai narasi tersebut mengandung unsur berita bohong.

Hal tersebut membuat Menko Polhukam, Mahfud MD ingat cerita KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang bermimpi telah bertemu dengan Soekarno. Soekarno saat itu menceritakan padanya soal konsep demokrasi.

"Saat penataran P4, Gus Dur (GD) tidur. Tiba-tia dibangunkan oleh Penatar dan ditanya tentang konsep demokrasi. GD: Saya baru bermimpi bertemu dengan Bung Karno dan menceritakan kepada saya tentang konsep demokrasi," cuit Mahfud lewat @mohmahfudmd, Rabu (16/12/2020).

Mahfud melanjutkan saat itu penatar meminta agar Gus Dur serius dan jangan berbicara soal mimpi. Gus Dur pun merespon dengan pernyataan menohok.

"Penatar: Ini serius, jangan bicara mimpi. GD: Katanya demokrasi, kok bermimpi saja dilarang," cuit Mahfud.

Mahfud melanjutkan cerita soal Imam Al-Bushiry (1213-1396) yang menulis Salawat Burdah sebanyak 160 bait syair dalam bahasa Arab. Salawat ini ditulis saat Imam sedaf sakit lumpuh berkepanjangan.

"Lalu beliau bermimpi bertemu Nabi dan diberi burdah (Jubah). Saat bangun tidur beliau sembuh dari lumpuhnya dan syair ciptaannya dijuduli Burdah," kata Mahfud.

Rekomendasi