'Kode Keras' Jokowi Soal Reshuffle Kabinet Lewat Postingan Instagram

Tim Editor

Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Di tengah santernya isu reshuffle kabinet, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah postingan 'kode keras' lewat akun media sosialnya. 

Jokowi mengunggah foto ilustrasi rel kereta api dengan pemandangan matahari terbit di akun Instragramnya. Jokowi bicara 'pelajaran' dari masa lalu dan tekad menatap harapan baru.

"Yang lalu biarlah berlalu, menjadi kenangan, juga pelajaran. Kita menatap hari esok dengan tekad, semangat, dan memancang harapan yang baru," tulis Jokowi dalam akun Instagram yang telah diverifikasi.

Dalam foto yang memperlihatkan rel kereta api itu, terdapat tulisan berwarna putih yang berbunyi, 'yang baru... harus lebih baik!'.

Sepertinya Jokowi menyelipkan makna para pembantunya yang baru harus lebih baik. Pasalnya, dua orang menteri Kabinet Indonesia Maju yakni Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari Batubara tersandung kasus di KPK.

Sebelumnya, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut reshuffle adalah hak prerogatif Jokowi sebagai Presiden. Namun, sebelum memutuskan, Jokowi harus memastikan calon menteri pilihannya kompeten dan bersih dari korupsi.

"Monggo, hak Pak Jokowi reshuffle atau angkat Menteri baru. Tapi pastikan kompeten dan tidak korupsi," ujar Mardani saat dihubungi, Selasa (22/12/2020).

Untuk itu, PKS menyarakankan agar mantan Wali Kota Solo itu menggandeng kembali Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membantu melihat rekam jejak. Menurut Mardani, melihat rekam jejak seorang calon menteri sangat penting terlebih di tengah pandemi COVID-19 yang membutuhkan banyak kebijakan yang tepat sasaran.

 

Tag: reshuffle presiden jokowi reshuffle kabinet Indonesia Maju

Bagikan: