Sandiaga Uno Jadi Menteri, PKS: Jangan Lupakan Rakyat yang Pernah Mendukung

Tim Editor

Sandiaga Uno (Dok. Instagram sandiuno)

ERA.id - Sandiaga Uno resmi menjadi menteri pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabinet Indonesia Kerja menggantikan Wishnutama. Keputusan Sandiaga menerima tawaran posisi menteri ini cukup mengejutkan, sebab sebelumnya dia pernah menolak masuk kabinet pimpinan lawan politiknya di Pilpres 2019, yaitu Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Merespon hal tersebut, Presiden Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Syaikhu hanya mengucapkan selamat atas pelantikan Sandiaga sebagai menteri. Dia juga berpesan agar Sandiaga tidak melupakan perjuangan rakyat yang pernah mendukungnya.

"Jangan lupakan perjuangan rakyat atau umat. Mereka juga banyak bergerak di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif serta bidang lainnya," ujar Syaikhu melalui keterangan tertulis, Rabu (23/12/2020).

Syaikhu mengingatkan, menjadi menteri di tengah pandemi COVID-19 tidak mudah. Apalagi masih terjadi disharmonisasi antara pusat dan daerah terkait kebijakan penanganan wabah virus korona.

"Sungguh tidak mudah menjadi menteri di saat seperti ini. Pandemi COVID-19 masih berlangsung dan kondisi ekonomi memprihatinkan," kata Syaikhu.

Dihubungi terpisah, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengaku partainya tidak merasa kecewa dengan keputusan Sandiaga untuk menjadi seorang menteri.

Menurutnya, setiap orang dan partai berhak menentukan langkah politiknya masing-masing. PKS, kata Mardani justru mendoakan agar Sandiaga supaya mampu menjalankan tugasnya sebagai menteri dengan baik dan amanah.

"Tidak ada kekecewaan. Tiap orang dan tiap partai bebas memilih aksinya. Mendoakan yang terbaik, amanah dan betul-betul dapat mendeliver kebaikan bagi bangsa dan semua rakyat," kata Mardani saat dihubungi, Rabu (23/12/2020).

PKS merupakan salah satu partai yang mendukung Sandiaga Uno baik saat Pilpres 2019 maupun saat Pilgub DKI Jakarta hingga akhirnya Sandiaga menjadi wakil gubernur DKI Jakarta. Meskipun demikian, Mardani menegaskan, PKS tetap konsisten menjadi oposisi. Bersikap kritis konstruktif kepada pemerintah.

"PKS istiqomah di #KamiOposisi," tegasnya.

Seperti diberitakan, hari ini Presiden Jokowi melantik menteri dan wakil menteri baru. Mereka antara lain:

1. Tri Rismaharini (Risma) sebagai Menteri Sosial

2. Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

3. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan

4. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama

5. Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan

6. M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan

Wakil Menteri

1. Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan

2. Edward Omar Syarif Hiariej sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia

3. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan

4. Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian

5. Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara

 

Tag: pks kabinet indonesia maju sandiaga uno menteri baru

Bagikan: