Beredar Kabar Rizieq Shihab Terima Penghargaan dari Malaysia, Simak Penjelasannya

| 27 Dec 2020 10:20
Beredar Kabar Rizieq Shihab Terima Penghargaan dari Malaysia, Simak Penjelasannya
Rizieq Shihab saat jalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. (Foto: Antara)

ERA.id - Sebuah akun Facebook bernama Muhammad Anwar mengunggah sebuah video yang menyebut bahwa Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) mendapat penghargaan dari Malaysia.

"Di Malaysia HRS mendapat penghargaan sebagai ulama yang gigih dan simbol menentang kesewenang-wenangan," tulis narasi pada unggahan tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari laman turnbackhoax.id, klaim bahwa HRS mendapatkan penghargaan di Malaysia sebagai ulama yang gigih dan simbol menentang kesewenang-wenangan adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan di Malaysia. Acara di video itu adalah Malam Anugerah Moeslim Choice Award di Jakarta Pusat pada tahun 2018. HRS meraih piala untuk kategori Ulama Awards pada Malam Anugerah Moeslim Choice Award 2018.

Video yang identik, salah satunya diunggah oleh kanal Youtube MazzikaRecord pada tanggal 13 Desember 2018.

Dilansir dari Suara, menantu dari HRS, Habib Muhammad Hanif bin Abdurrahman Alatas datang mewakili sang mertua yang saat itu masih bermukim di Mekah, Arab Saudi.

Selain HRS, sejumlah penceramah terkemuka yang juga mendapatkan penghargaan untuk kategori Ulama Awards, ialah Ustaz Adi Hidayat, Ustaz Haikal Hasan, dan Ustazah Munifah Syanwani pada acara tersebut.

Kesimpulannya, kabar bahwa Habib Rizieq Shihab mendapat penghargaan dari Malaysia adalah informasi yang salah atau hoaks. 

Rekomendasi