Bantu Pasien COVID-19, Pemerintah Siapkan Bank Donor Plasma Konvalesen

Tim Editor

Wiku Adisasmito (Dok. BNPB)

ERA.id - Pemerintah sedang menyiapkan bank donor plasma konvalesen yang akan digunakan untuk terapi pasien positif COVID-19. Hal ini juga sekaligus untuk mengajak masyarakat, khususnya penyintas COVID-19 berkontribusi meningkatkan angka kesembuhan di Indonesia.

"Indonesia saat ini sedang berusaha menyediakan bank donor darah plasma konvalesen untuk terapi pasien COVID-19 yang membutuhkan. Saya ingin menyampaikan pada masyarakat Indonesia, khususnya penyintas dapat berkontribusi dalam meningkatkan angka kesembuhan dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan menjadi donor," ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden, dikutip Rabu (6/1/2021).

- https://era.id/nasional/48805/libur-natal-dan-tahun-baru-berakhir-ruang-icu-dan-isolasi-mandiri-pasien-covid-19-penuh

- https://era.id/megapolitan/48793/dicari-ruangan-kosong-bagi-pasien-covid-19-di-rs-jakarta

- https://era.id/nasional/48802/vaksin-covid-19-belum-diterima-surabaya-sudah-jadwalkan-vaksinasi-pertengahan-januari

[/see_also]

Wiku mengatakan, masyarakat yang berniat menjadi pendonor darah plasma konvalesen juga bermanfaat dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi pasien positif COVID-19. Terlebih bagi pasien bergejala berat dan kritis.

"Sinergi yang baik dapat meningkatkan kualitas dan (menyelamatkan) lebih banyak nyawa," katanya.

Untuk diketahui, plasma konvalesen adalah terapi pengobatan pasien COVID-19 dengan menggunakan antibodi penyintas COVID-19 yang sudah sembuh untuk diberikan pada pasien yang masih sakit, melalui plasma darah. Plasma adalah bagian dari darah dan merupakan 45 persen komponen darah. 

 

Tag: covid-19 wiku adisasmito plasma konvalesen

Bagikan: