Pulang ke Solo, Abu Bakar Ba'asyir Dikawal Pasukan Densus 88

Tim Editor

Abu Bakar Ba'asyir (Dok. Kemenkumham)

ERA.id - Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir (ABB) telah bebas dari Lapas Gunung Sindur Jumat (8/1) pagi. Ia kini telah bertolak ke Solo bersama dengan rombongan keluarga.

"Abu Bakar bin Abud Ba’asyir alias Abu Bakar Ba’asyir (ABB) bebas dari Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur pada hari ini, Jum'at  8 Januari 2021, jam 05.30 WIB," jelas Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Rika Aprianti, Jumat (8/1/2021).

Kini Ba'asyir tengah dalam perjalanan ke Solo dengan dikawal pasukan Densus 88. "Perjalanan ABB menuju kediaman di Sukohardjo, selain didampingi keluarga dan tim pengacara, juga dilakukan pengawalan oleh Densus 88 dan BNPT," kata Rika.

Sedangkan, Juru bicara Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Endro Sudarsono mengatakan ABB akan langsung dibawa ke Pondok Pesantren (ponpes) Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo. Dia menegaskan tidak akan ada penyambutan. 

"Kami mengimbau masyarakat agar mendoakan dari rumah saja. Sebab di Pondok tidak ada acara," ujarnya.

Sebagai informasi ABB yang merupakan terpidana kasus terorisme divonis penjara selama 15 tahun. Awalnya dia ditempatkan di Lapas Nusa Kambangan. Namun karena kondisi kesehatannya memburuk, ia dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur. Hari ini ABB bebas murni dan kembali ke Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki.

 

Tag: abu bakar baasyir Abu Bakar Ba’asyir bebas

Bagikan: