Usai Bebas dari Penjara Abu Bakar Ba'asyir Dipastikan Berdakwah Lagi

Tim Editor

Abu Bakar Ba'asyir. (Foto: Antara)

ERA.id - Setelah menjalani masa tahanan selama sembilan tahun, Abu Bakar Ba'asyir (ABB) akhirnya bisa kembali menghirup udara segar, Jumat (8/1/2021). Kini, ia menetap di Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Sukoharjo. 

Usai bebas dari penjara, Ba'asyir berencana akan melanjutkan aktivitasnya berdakwah. Hal ini dikatakan oleh putra bungsunya, Abdul Rochim saat ditemui di Ponpes usai menjemput ayahnya di Lapas Gunung Sindur. 

Pria yang akrab disapa Iim ini mengatakan ayahnya akan tetap berdakwah. Sebab menurutnya dakwah menjadi kewajiban yang harus dilakukan.

"Ya tetap, beliau itu ulama dan beliau punya kewajiban untuk menyampaikan ilmunya. Bentuknya (dakwah) bagaimana, semua menurut kemampuannya. Sebab pada prinsipnya semua harus dilakukan sesuai dengan kemampuannya," kata Iim.

Namun, Iim menekankan jika keluarga akan berusaha menjauhkan ABB dari pemikiran dan cara pikir berlebihan atau ekstrem. Termasuk menjauhkan dari ajaran ISIS dan hal ekstrem lainnya. 

"Pihak keluarga akan berusaha semampunya menjelaskan dan menjauhkan (pemikiran ekstrem) semampunya," ujar Iim.

Terkait adanya pertemuan dengan tokoh, hingga saat ini belum ada agenda besar. Namun jika nantinya ada yang ingin bertemu, pihak keluarga akan mengaturnya dengan protokol kesehatan yang ketat. Namun Iim mengatakan jika ayahnya tidak akan menjalani karantina mandiri karena kondisinya sehat.

"Agenda selanjutnya intinya istirahat di rumah. Sebab beliau melakukan perjalanan jauh. Saat ini kita fokus pada kesehatan beliau. Kami tetap upayakan tidak ada penularan virus (Covid-19) ini," kata Iim.

Tag: abu bakar baasyir Abu Bakar Baasyir sakit abu bakar ba'asyir pulang

Bagikan: