Jokowi Terima Suntikan Perdana Vaksin COVID-19: Nggak Kerasa Sama Sekali

Tim Editor

Jokowi disuntik vaksin COVID-19 (Dok. Youtube sekretariat presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo resmi menjadi orang pertama yang mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 buatan Sinovac. Proses vaksinasi tersebut dilaksanakan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Sebelum disuntik oleh vaksinator dari tim kedokteran kepresidenan, Jokowi terlebih dahulu menunjukan kartu yang berisi nomor batch vaksin COVID-19 buatan Sinovac di meja pendaftaran. Setelah itu, Jokowi diperiksa kesehatannya seperti mengecek tekanan darah dan suhu tubuh.

Tim vaksinator juga menanyakan sejumlah pertanyaan kepada Jokowi, seperti apakah pernah terinfeksi COVID-19, apakah dalam tujuh hari terakhir pernah mengalami gejala batuk pilek demam, apakah memiliki penyakit komorbid seperti jantung dan gula. Setelah dinyatakan sehat dan bisa mendapatkan suntikan vaksin, Jokowi langsung bisa divaksin.

Sebelum disuntik, vaksinator dari tim dokter kepresidenan terlebih dahulu menunjukkan bahwa vaksin yang disuntikan ke Jokowi adalah vaksin COVID-19 buatan Sinovac.

"Gimana pak (rasanya disuntik vaksin)?" tanya Wakil Ketua tim dokter kepresidenan dr Abdul Muthalib dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (13/1/2021).

Sembari tertawa kecil, Jokowi mengaku tak merasakan apa-apa. "Nggak terasa (sakit) sama sekali," kata Jokowi.

Setelah disuntik, Jokowi harus menunggu sekitar 30 menit untuk dilihat apakah vaksin yang baru saja disuntikan menimbulkan efek samping atau tidak.

Selain Jokowi, peserta penerima vaksin COVID-19 perdana adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kapolri Idham Aziz, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Ketua IDI Daeng Faqih, hingga artis Rafi Ahmad.

Tag: jokowi covid-19 vaksin covid-19 vaksin sinovac

Bagikan: