Viral! Video Detik-Detik Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Membentur Laut Perairan Kepulauan Seribu, Faktanya Cuma Hoaks

| 13 Jan 2021 11:05
Viral! Video Detik-Detik Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Membentur Laut Perairan Kepulauan Seribu, Faktanya Cuma Hoaks
Sriwijaya Air hilang kontak. (Foto: Instagram)

ERA.id - Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 di Perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1) menjadi duka mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia. Meski begitu, masih saja ada pihak-pihak yang sengaja menyebarkan berita hoaks terkait jatuhnya pesawat Sriwijaya.

Salah satunya yang diunggah akun Facebook Idrus Muhammad. Ia membagukan ulang video pesawat jatuh yang berasal dari akun Tiktok @riyan_kelana yang menyebutkan bahwa peristiwa tersebut merupakan jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182 pada Sabtu (9/1/2021).

"Pesawat sriwijaya Air jatuh di kepulauan seribu sabtu 9 januari 2021 detik detik jatuhnya pesawat sempat terekam oleh nelayan kepulauan seribu yang sedang mencari ikan," tulis narasi pada postingan tersebut.

Namun, setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, video klaim jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 adalah hoaks. Sebab, diketahui bahwa peristiwa dalam video bukan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182, melainkan kejadian jatuhnya "Ethiopian Airlines Flight 961" pada (23/11/1996).

Dilansir dari nytimes.com, kejadian jatuhnya "Ethopian Airlines Flight 961" membawa 175 orang dibajak di Afrika Timur pada hari Sabtu(23/11/1996), yang kemudian mengalami habisnya bahan bakar dan jatuh ke laut di lepas pantai Kepulauan Comoro.

Video tersebut juga terdapat di channel Youtube Naked Science, berjudul "Hijacked Plane Disaster–Water Crash Landing" ditayangkan pada (18/8/2004). 

Ini merupakan hoaks lama, ditemukan dalam artikel di turnbackhoax.com berjudul "Video Detik jatuhnya pesawat lion air", dengan klaim jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

Sementara itu pengunggah video Facebook, Idrus Muhammad telah memberikan klarifikasi atas kekeliruannya terhadap postingan tersebut.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka video detik-detik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori konten yang salah (False Content).

Rekomendasi