Viral! Video Evakuasi Sriwijaya Air di Bawah Laut Kepulauan Seribu, Terdengar Suara Tangis, Faktanya Cuma Hoaks

Tim Editor

Tangkapan layar video yang diklaim evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ182. (YouTube/Ninteni TV)

ERA.id - Sebuah video yang diklaim evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ182 di bawah laut perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, viral di media sosial. Dalam video tersebut juga terdengar suara yang disebut penumpang pesawat yang jatuh pada Sabtu (9/11).

Salah satu yang mengunggah video evakuasi Sriwijaya Air di bawah laut adalah akun Facebook Rehana Akmal. Ia mengunggah ulang video dari akun TikTok @melyariandini yang menunjukkan kondisi pelaksanaan evakuasi bawah laut.

Unggahan tersebut juga disertai dengan keterangan yang menyatakan bahwa evakuasi yang sedang dilakukan merupakan evakuasi bawah laut pesawat Sriwijaya Air SJ182.

"Merinding dgr suara tangisan dr potongan. Anggota tubuh mreka..Ya alloh smg srmua pnunpang pesawat Sriwijaya khusnol khotimah," tulis narasi pada postingan tersebut.

Setelah ditelusuri, dilansir dari laman turnbackhoax.id, video tersebut merupakan video evakuasi bawah laut pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh pada 29 Oktober 2018, bukan video evakuasi bawah laut pesawat Sriwijaya Air SJ 182. 

Unggahan tersebut merupakan potongan pada menit 2:05-3:03 dari video wawancara dengan salah satu penyelam yang ikut melaksanakan evakuasi bawah laut pesawat Lion Air JT 610.

Versi lengkap dari video tersebut pertama kali diunggah oleh kanal YouTube Niteni tv pada 22 Desember 2019, dengan judul "Lion Air JT 610–Suara Tangis Evakuasi Bawah Laut". 

Dengan demikian, informasi yang diunggah oleh pengguna Facebook Rehana Akmal tersebut dapat dikategorikan sebagai konteks yang salah (False Context).

Tag: sriwijaya air sriwijaya air jatuh sriwijaya air sj182 pencarian sriwijaya air evakuasi korban sriwijaya air pencarian sriwijaya air hari ini hoaks sriwijaya air jatuh

Bagikan: