Profil dan Sepak Terjang Listyo Sigit Prabowo, Calon Kapolri Usulan Jokowi

Tim Editor

Komjen (Pol) Drs. Listyo Sigit Prabowo (Dok. Antara)

ERA.id - Presiden Jokowi telah mengusulkan Komjen (Pol) Drs. Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri. Usulan nama tersebut telah dikirimkan Mensesneg Pratikno ke DPR. 

Listyo menjadi calon tunggal Kapolri yang akan diuji kelayakan dan kepatutan di DPR. Saat ini  menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim).

Dihimpun dari berbagai sumber, lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991 ini lahir di Ambon, 5 Mei 1969. Listyo menjadi Kapolres Solo pada 2011 ketika Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Saat itu, Jokowi dan Listyo bersama meangani dampak dari peristiwa bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Solo pada 25 September 2011.

Kedekatan Listyo dengan Jokowi makin terjalin saat Jokowi terpilih menjadi presiden. Listyo ditugaskan menjadi ajudan Jokowi pada 2014 selama dua tahun.

Setelah tak lagi menjadi ajudan Jokowi, ia sempat menjabat sebagai Kapolda Banten (2016-2018), Kadiv Propam Polri (2018-2019), kini menjadi Kabareskrim. 

Salah satu rekam jejak Listyo yang menonjol yaitu berhasil menangkap buronan yang kabur selama 11 tahun, Djoko Tjandra, terpidana kasus Bank Bali. Tak hanya menangkap, kasus suap Djoko Tjandra juga dibongkar.

Lalu Bareskrim di bawah Listyo juga berhasil menangkap penyiram air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan.

Tag: calon kapolri komjen pol listyo sigit Listyo Sigit Prabowo

Bagikan: