ERA.id - Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit menyebut akan membuat layanan darurat hotline satu nomor untuk memudahkan masyarakat jika membutuhkan bantuan Polri secara cepat.
Hal ini disampaikan saat memaparkan visi misi dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di hadapan Komisi III DPR RI, Rabu (20/1/2021).
"Sebagai upaya mempermudah akses masyarakat dan mempercepat respon Polri ketika dibutuhkan masyarakat maka akan dilakukan pelayanan layanan darurat maupun hotline kepolisian dengan memberlakukan nomor tunggal secara nasional dalam rangka merespon cepat aduan masyarakat," kata Listyo.
Listyo mengharapkan, dengan adanya hotline tersebut, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan pelayanan dari petugas kepolisian. Rencananya, nomor hotline itu nantinya akan disambungkan ke mobil patroli polisi.
Sehingga, kata Listyo, begitu ada masyarakat yang membutuhkan bantuan maka polisi yang sedang bertugas bisa langsung bertindak.
"Jadi diharapkan ke depan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan polri semudah memesan pizza. Ini bentuk respon cepat dari petugas kepolisian terhadap masyarakat yang butuh kehadiran Polri," kata Listyo.
Adapun terkait pembangunan sistem bakal dilakukan secara bertahap. Selain itu, ada sejumlah hal akan diperhatikan lebih jauh termasuk karakteristik kerawanan daerah yang berbeda antara satu dengan yang lain.
"Ini akan dilakukan secara bertahap, meliputi dukungan penguatan peralatan sesuai karakteristik kerawanan daerah," ujarnya.