DPR Pertanyakan Kondisi Kesehatan Para TKA China yang Viral Pakai APD

Tim Editor

Dok. Ditjen Imigrasi

ERA.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI meminta pemerintah menjelaskan soal urgensi kedatangan ratusan tenaga kerja asing (TKA) asal China yang viral karena berpakaian APF lengkap beberapa waktu lalu. Selain itu, pemeritah juga diminta membeberkan di sektor mana saja para TKA itu ditempatkan.

"Pemerintah harus dapat menjelaskan jenis-jenis sektor yang akan diisi oleh TKA tersebut dan urgensi kedatangan TKA asal China ke Indonesia," ujar Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsudin melalui keterangan tertulis, Rabu (27/1/2021).

Menurut Azis, kedatangan para TKA asal China itu perlu dijelaskan terlebih di tengah kondisi banyaknya masyarakat Indonesia yang kehilangan pekerjaan dan kesulitan mendapat pekerjaan dampak pandemi COVID-19.

"Banyak masyarakat yang menganggur mengapa diutamakan TKA, perusahaan yang bersangkutan harus lebih mengutamakan masyarakat Indonesia di saat pendemi seperti ini," tegasnya.

Selain itu, pemerintah juga harus menjelaskan alasan diperbolehkannya ratusan TKA asal China datang ke Indonesia. Padahal pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sudah mengeluarkan larangan bagi warga negara asing (WNA) masuk ke Tanah Air untuk mencegah masuknya varian baru COVID-19.

"Pemerintah harus menjelaskan alasan para TKA tersebut mendapatkan pengecualian dari aturan larangan WNA masuk ke Indonesia, mengingat hal tersebut meresahkan masyarakat di tengah upaya dan usaha masyarakat dan Pemerintah berjuang menekan pertumbuhan kasus positif Covid-19 baru dan melalui Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)," kata Azis.

Politikus Partai Golkar itu mendorong Pemerintah untuk berkomitmen dalam menerapkan seluruh kebijakan penanganan COVID-19, sehingga seluruh upaya yang dilakukan pemerintah dapat efektif dan berhasil untuk menuntaskan wabah virus corona di Indonesia.

"Pemerintah harus dapat memastikan seluruh TKA yang masuk sehat dan tidak membawa virus Corona varian baru ke Indonesia

Diketahui sebelumnya, sebanyak 153 TKA asal China tiba di Terminal 3 Badadara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (23/1/2021) lalu. Kedatangan mereka viral di media sosial karena memakai baju APD lengkap layaknya perawat pasien COVID-19.

Menurut pihak imigrasi, para TKA tersebut lolos masuk ke Indonesia karena masuk dalam pengecualian dari kebijakan larangan WNA yang datang ke Indonesia.

"153 WNA terdiri dari 150 orang dengan Izin Tinggal Terbatas (ITAS) dan Izin Tinggal Tetap (ITAP), serta 3 orang Visa Diplomatik," jelas Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Ahmad Nursaleh, Minggu (24/1/2021).

Seluruh penumpang asing yang mendarat tersebut masuk dalam kategori orang asing yang diizinkan masuk ke Wilayah Indonesia berdasarkan Surat Edaran (SE) Dirjen Imigrasi tentang pembatasan sementara masuknya orang asing ke Wilayah Indonesia dalam masa pandemi Covid-19.

"Setelah diperiksa kesehatannya, para penumpang diperiksa dokumen keimigrasiannya," kata Ahmad.

Setelah lengkap selanjutnya diarahkan oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 menuju tempat karantina. 

 

Tag: tka china

Bagikan: