Hari Pers Nasional:Industri Kreatif di Masa Pandemi: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang

| 08 Feb 2021 06:20
Hari Pers Nasional:Industri Kreatif di Masa Pandemi: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang
Hikmat Kurnia (Dok. Humas HPN)

ERA.id - Sekitar 9,5 juta tenaga kerja Indonesia akan terdampak langsung oleh teknologi berbasis kecerdasan buatan sampai tahun 2028. Begitu prediksi Oxfoord Economics dan Cisco tahu 2017. 

"Kita ditantang untuk menghasilkan 600 ribu talenta digital setiap tahun. Mampukah pendidikan kita menjawab tantangan tersebut," kata anggota penaseat PWI Pusat, Eduard Depari mengawali paparannya saat webinar Industri Kreatif bertajuk "Industri Kreatif di Masa Pandemi: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang," dari Candi Bentar Hall, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (7/2). Webinar dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 ini dimoderatori Sekjen PWI Pusat, Mirza Zulhadi. 

Pembicara lain yang hadir entreprenuer mentor Didieet Maulana, Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Hikmat Kurnia, dan Program Director Katapel.id Robby Wahyudi. Ketiganya hadir melalui fasilitas Zoom. 

Eduard menjelaskan, masalah pokok kesenjangan talenta digital bangsa ini adalah pendidikan. Maka, sebagai lembaga pendidikan informal, menurut dia, pers memiliki tanggung jawab untuk ikut mengambil bagian dalam proses pendidikan melalui pesan-pesan yang disampaikan secara terbuka pada publik. 

Namun ia menekankan peran pers juga harus dilihat proporsional. "Pers tuh overshow, dianggap penyebab perubahan. Terlalu berlebihan. Pers juga punya masalah. Kita lihat dampak perubahan tadi, sirkulasi surat kabar menyusut, media cetak tenggelam, penonton televisi berkurang," tuturnya. 

 Di era pandemi seperti sekarang, masyarakat punya banyak waktu memperluas dan mengonsumsi informasi "Pertanyaannya adalah melalui akses mana dan apa yang mereak konsumsi. Kalau mereka melihat creative industry, apakah ikut paham atau skip? Ini pertanyaan besar yang harus dijawab supaya kita tidak melihat berlebihan peran pers dalam industri kreative," terangnya. 

Rekomendasi