Giliran Wapres Ma'ruf Amin Disuntik Vaksin Sinovac

| 17 Feb 2021 10:10
Giliran Wapres Ma'ruf Amin Disuntik Vaksin Sinovac
Wapres Ma'ruf Amin (Dok. Setwapres)

ERA.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjalani vaksinasi COVID-19 tahap pertama pada Rabu (17/2/2021) di rumah dinasnya, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

KH Ma'ruf disuntik vaksin buatan Sinovac setelah terbitnya izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization (EUA) untuk kelompok lanjut usia (lansia).

"Keikutsertaan Wapres yang telah berusia 77 tahun dalam program vaksinasi ini diharapkan dapat memberikan contoh nyata uji klinis keamanan penggunaan vaksin kepada lansia bagi masyarakat luas," bunyi siaran pers tersebut.

Seperti diketahui, pada 5 Februari 2021, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), mengeluarkan EUA vaksin CoronaVac untuk usia di atas 60 tahun. Menurut Kepala BPOM, Penny Lukito, kebijakan tersebut dilakukan berdasarkan pertimbangan banyaknya korban meninggal terinfeksi virus corona pada kelompok usia tersebut.

Berdasarkan data statistik dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonoi Nasional (KPCPEN) angka kematian akibat Covid-19 di kelompok lansia sangat tinggi, yaitu 47,3 persen.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, persentase lansia yang terpapar virus corona di Indonesia sejumlah 10 persen, namun total yang meninggal karena Covid-19 mencapai angka 50 persen. Hal tersebut menunjukkan risiko besar bagi para lansia di dalam mengghadapi pandemi Covid-19.

“Karena berbasis risiko. Kalau tenaga kesehatan risikonya tinggi karena sering dan banyak terekspos virus. Kalau lansia didahulukan karena risikonya tinggi, kalau terkena, kemungkinan fatalnya besar,” ungkap Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, pada keterangan persnya secara virtual, Minggu (7/1/21).

Sebagai informasi, program vaksinasi Covid-19 untuk kelompok usia 18-59 tahun telah berjalan secara bertahap sejak 13 Januari 2021 lalu. Melalui program vaksinasi, pemerintah dan masyarakat Indonesia menaruh harapan besar agar herd immunity segera terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Rekomendasi