Resmikan KRL Jogja-Solo, Jokowi: Lebih Cepat dari Prameks

Tim Editor

Ilustrasi KRL (Dok. Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo meresmikan Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo di Stasiun Yogyakarta, Senin (1/3/2021). Jokowi mengatakan, KRL ini lebih cepat dibandingkan dengan Kereta Api Prambanan Ekspres (Prameks) yang dulunya merupakan moda transportasi massal Jogja-Solo.

Saat meresmikan, Jokowi nampak didampingi Gubernur D.I Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Hari ini akan segera kita resmikan dan kita operasikan KRL Jogja-Solo yang telah siap. Tadi saya diberitahu, disampaikan bahwa KRL ini lebih cepat dibandingkan Prameks, terpaut kira-kira 10 menit lebih cepat," ujar Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (1/3/2021).

Selain lebih cepat, Jokowi juga menyebut biaya operasional KRL Jogja-Solo lebih murah jika dibandingkan dengan kereta Prameks. Keunggulan lainnya, kata dia, KRL ini merupakan moda transportasi yang ramah lingkungan.

"Ini sebuah efisiensi yang sangat bagus sekali. Dan juga yang paling penting kereta ini, kereta listrik ini adalah ramah lingkungan," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap, KRL Jogja-Solo dapat membantu mempercepat mobilitas masyarakat antar kota tersebut dan mendongkrak pariwisata dan ekonomi baik di Yogyakarta maupun di Solo.

"Kita harapkan ini bisa membantu baik mobilisasi orang maupun barang dari Jogja ke Solo, Solo ke Jogja. Dan juga meningkatkan pariwisata dan ekonomi kita," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur D.I Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X mengungkapkan bahwa kehadiran KRL Jogja-Solo sangat penting bagi masyarakat. Sebab, banyak masyarakat yang sehari-harinya harus melakukan perjalanan Jogja-Solo baik untuk bekerja maupun sekolah.

Dia berharap dengan adanya KRL Jogja-Solo dapat menjadi pilihan terbaik untuk masyarakat, serta dapat meningkatkan produktifitas masyarakat

"Semoga pilihan KRL ini menjadi pilihan yang baik bagi warga masyarakat dengan harapan untuk dapat tepat waktu, karena mereka akan belajar kuliah atau mungkin juga akan bekerja. Dengan harapan demikian semoga saja masyarakat dengan pelayanan KRL ini bisa lebih baik dirasakan," katanya.

Sebelumnya, pada Selasa (9/2/2021) perjalanan Kereta Api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks) berkhir setelah 27 tahun melayani penumpang di lintas Solo-Yogyakarta. Kini operasional KA Prameks digantikan dengan Kereta Rel Listrik (KRL) Solo-Yogyakarta PP. Sedangkan KA Prameks akan tetap beroperasi di lintas Yogyakarta-Kutoarjo (PP).

Tag: jokowi Presiden Joko Widodo Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo Stasiun Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X

Bagikan: