Cara Naik KRL Solo-Jogja yang Mudah Dilakukan, Pemula Wajib Simak!

| 04 Mar 2023 19:25
Cara Naik KRL Solo-Jogja yang Mudah Dilakukan, Pemula Wajib Simak!
KRL Jogja-Solo. (Foto: Dok. KAI)

ERA.id -Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan perjalanan dengan menggunakan KRL, mungkin bingung dengan caranya. Lantas bagaimana cara naik KRL Solo-Jogja? Dalam artikel ini, Anda akan memahami caranya agar tidak kebingungan lagi.

Dikutip dari laman kai.ac.id, kehadiran KRL dalam industri jasa angkutan KA Commuter merupakan sebuah proses pemikiran dan persiapan yang cukup panjang dan tidak hadir tiba-tiba. Proses ini diawali oleh pembentukan Divisi Angkutan Perkotaan Jabotabek oleh PT KAI (Persero), yang terpisah dari PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta. Saat ini, banyak orang yang menjadikan KRL sebagai transportasi yang difavoritkan sebab banyak sekali manfaat yang diberikan, antara lain lebih praktis, hemat, dan murah.

Adapun KRL Solo-Jogja ini baru diresmikan pada tanggal 10 Februari 2021 untuk menggantikan KA Prameks. Pemberhentian KRL Jogja-Solo ada pada 11 titik stasiun, antra lain Stasiun Tugu Jogja, Lempuyangan, Maguwo, Brambangan, Srowot, Klaten, Ceper, Delangu, Gawok, Purwosari, dan Solo Balapan untuk perjalanan pulang-pergi atau PP.

Ilustrasi penumpang kereta rel listrik (KRL) Commuter Line. (ANTARA-Arif Firmansyah) 

Sedangkan cara naik KRL Solo-Jogja yang harus dipahami para pemula agak tidak kebingungan adalah sebagai berikut.

Cara Naik KRL Solo-Jogja

Cara naik KRL Solo-Jogja yang pertama yaitu terlebih dahulu Anda harus membeli tiketnya.

Dikutip dari laman krl.ac.id, tiket KRL Solo-Jogja dapat Anda beli dengan memanfaatkan KMT tanpa antre, mudah, cepat, dan praktis. Selain itu Anda juga dapat menggunakan  cara online seperti Flazz BCA, BRIZZI, LinkAja, E-money Mandiri, dan BNI Tap Cash. 

Jika Anda membeli KMT untuk pertama kalinya, maka uang yang harus Anda siapkan adalah sebanyak Rp30.000, dan sudah mempunyai saldo sebesar Rp10.000. Adapun untuk perjalanan Solo-Jogja, harga tiketnya senilai Rp8.000. Dengan demikian, jika Anda kekurangan saldo saat perjalanan pulang dan pergi, Anda dapat melakukan pengisian saldo di loket.

Harga KMT di Seluruh Loket Stasiun KRL

Setelah mempunyai KMT atau menggunakan cara online, Anda dapat langsung menuju ke tempat yang digunakan untuk tab kartu dan masuk ke area stasiun untuk menunggu KRL Anda tiba. Cara selanjutnya, Anda tinggal masuk ke kereta, jangan lupa untuk menempelkannya lagi ketika keluar.

KMT sendiri terdapat beberapa pilihan, dan calon penumpang KRL dapat membeli perdana KMP di seluruh loket Stasiun KRL dan lokasi lainnya yang menjalin kerja sama dengan PT Kereta Commuter Indonesia, dengan harga di bawah ini:

  • KMT Reguler harga Rp30.000 termasuk saldo Rp10.000
  • KMT X-PRESI harga Rp 50.000 termasuk saldo Rp15.000
  • KMT Special Edition harga Rp50.000 termasuk saldo 15.000

Nah, demikianlah ulasan cara naik KRL Solo-Jogja yang perlu Anda pahami. Sebagai pemula, tentunya Anda harus memahami betul perjalanannya, jadwal keberangkatannya dan mempunyai kartu elektronik, sebab Anda tidak bisa menggunakan uang tunai saat melakukan perjalanan menggunakan KRL. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memulai perjalanan dengan KRL? Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat melakukan perjalanan, ya!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi