Cerita Muchtar Pakpahan, Menkumham Yasonna: Sahabat Seperjuangan Sejak Mahasiswa

| 22 Mar 2021 14:07
Cerita Muchtar Pakpahan, Menkumham Yasonna: Sahabat Seperjuangan Sejak Mahasiswa
Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna H. Laoly (Dok. Kemenkumham)

ERA.id - Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna H. Laoly menyampaikan rasa duka mendalam atas meninggalnya Prof. Dr. Muchtar Pakpahan.

Muchtar adalah sahabat seperjuangan Yasonna sejak sama-sama menjadi mahasiswa dan dosen di Universitas Sumatera Utara.

“Baru saja saya melayat ke Rumah Duka RSPAD. Saya sedih melihat teman seperjuangan saya sudah terbujur kaku. Sahabat saya sejak mahasiswa Bung Muchtar Pakpahan telah berpulang dipanggil Bapa Surgawi,” kata Yasonna, di RSPAD Jakarta Pusat, Senin (22/3/2021). 

Muchtar meninggal dunia di RS Siloam Semanggi pada Minggu (21/3/2021) malam. Yasonna dengan Muchtar bersahabat sejak sama-sama menimba ilmu di USU, dan pernah sama-sama mejadi dosen di Fakultas Hukum USU.

Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna H. Laoly (Dok. Kemenkumham)

Selain itu, Yasonna dan Muchtar juga bersama-sama membentuk Lembaga Bantuan Hukum Universitas HKBP Nommensen, dan bersama-sama pula membuka Kantor Hukum Partisipatio.

Hubungan antara Yasonna dengan Muchtar sangat dekat karena pernah satu kamar kos sewaktu mahasiswa di Kantor BPC GMKI Medan, Jalan Iskandar Muda 107-A Medan.

“Tak terasa, air mata saya menetes mengenang masa lalu yang kami alami bersama,” ungkap Yasonna.

“Selamat jalan Bung Muchtar, semoga api semangatmu memperjuangkan nasib buruh tetap menyala di kalangan generasi muda. Semoga keluarga yang ditinggalkan bisa pulih dari duka ini. Rest in love sahabatku,” sambung Ketua DPP PDI Perjuangan tersebut.

Rekomendasi