Universitas Pertahanan Akan Beri Gelar Profesor Kehormatan kepada Megawati

| 08 Jun 2021 11:10
Universitas Pertahanan Akan Beri Gelar Profesor Kehormatan kepada Megawati
Megawati Soekarnoputi saat menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Soka, Jepang pada 8 Januari 2020 (Dok. PDIP)

ERA.id - Universitas Pertahanan (Unhan) akan memberikan gelar Profesor Kehormatan dengan status Guru Besar Tidak Tetap kepada Preriden RI ke-5 Megawati Seokarnoputri. Dijadwalkan, sidang senat terbuka untuk pengukuhan tersebut akan digelar pada Jumat (11/6) mendatang.

"Pada hari Jumat akan dilakukan sidang senat terbuka Universitas Pertahanan RI dalam rangka pengukuhan gelar Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi Pertahanan Universitas Pertahanan RI kepada Ibu Megawati Soekarnoputri," ujar Rektor Unhan RI Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian dalam keterangan resminya, Selasa (8/6/2021).

Amarulla mengatakan, sidang senat akademik Unhan RI telah menerima hasil penilaian Dewan Guru Besar Unhan RI atas seluruh karya ilmiah Megawati Soekarnoputri sebagai syarat pengukuhan menjadi Profesor Kehormatan Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi Pertahanan.

Adapun alasan penganugerahan gelar tersebut adalah karena Unhan mencatat keberhasilan Megawati dalam menghadapi krisis multi dimensi di era pemerintahannya.

"Ibu Megawati menjadi presiden pertama perempuan di negara kita. Di era Ibu Megawati pertama kalinya diselenggarakan Pemilihan Umum Legislatif dan Presidensial secara langsung," katanya.

Amirullah menambahkan, sebelum pengukuhan gelar Profesor Kehormatan oleh Ketua Senat Unhan RI dilakukan, Megawati akan menyampaikan orasi ilmiah. Selaku kandidat penerima gelar, Megawati juga akan didampingi sejumlah Guru Besar pendamping kandidat.

Rencananya, acara ini akan dihadiri sejumlah pejabat termasuk Presiden RI dan Wakil Presiden RI serta sejumlah Menteri Kabinet serta undangan lainnya, dan dalam pelaksanaanya menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Rekomendasi