PPKM Diperpanjang, Jokowi: Terima Kasih Masyarakat Indonesia atas Pengertiannya

Tim Editor

Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengklaim, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mampu menurunkan tren COVID-19 di Indonesia.

Atas kesuksesan tersebut, secara khusus Jokowi mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas pengertian dan dukungannya terhadap kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat yang dilakukan pemerintah.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas pengertian dan dukungannya terhadap pelaksanaan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat yang dilakukan selama 23 hari terakhir," ujar Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/7).

Jokowi mengatakan, sepanjang PPKM Darurat hingga PPKM Level 4 ini terjadi tren perbaikan penanganan pandemi COVID-19. Hal tersebut tampak dari penurunan jumlah kasus positif, angka keterpakaian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR), hingga positivity rate.


Meski begitu dia mengingatkan semua pihak harus tetap berhati-hati dalam menyikapi tren perbaikan agar peningkatan kasus COVID-19 tidak terjadi di tengah gempuran virus varian Delta.

"Sudah terjadi tren perbaikan dalam pengendalian COVID-19 laju penambahan kasus, BOR, dan positivity rate mulai menunjukkan penurunan seperti yang terjadi di beberapa provinsi di beberapa provinsi di Pulau Jawa," kata Jokowi.

"Namun demikian kita harus tetap berhati-hati dalam menyikapi tren penurunan ini, tetap harus waspada menghadapi varian Delta yang sangat menular," imbuhnya.

Atas pertimbangan itu pula, pemerintah remsi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 pada 26 Juli hingga 2 Agustus mendatang. Meski begitu sejumlah kegiatan akan dilonggarkan secara bertahap.

"Untuk mengurangi beban masyarakat akibat pandemi COVID-19 pemerintah juga meningkatkan pemberian bantuan sosial untuk masyarakat," kata Jokowi.




Tag: ppkm diperpanjang ppkm darurat PPKM Level 4

Bagikan: