Siapa Pengganti Azis Syamsuddin di Kursi Wakil Ketua DPR? Golkar: Sudah Ada di Kantong Airlangga

Tim Editor

Azis Syamsuddin (Antara)

ERA.id - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dikabarkan sudah mengantongi nama pengganti Azis Syamsuddin di kursi Wakil Ketua DPR RI.

Rencananya, nama pengganti Azis akan dimumkan pada Selasa (28/9) sore.

"Rencananya Selasa sore diumumkan. Sepertinya nama sudah ada di kantong ketum (ketua umum)," ujar Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir kepada wartawan, Minggu (26/9/2021).


Meski begitu, Adies mengaku belum mengetahui siapa yang bakal menggantikan Azis sebagai wakil ketua DPR RI. Terkait nama, menurutnya adalah hak prerogatif Airlangga selaku Ketua Umum Partai Golkar.

Adies mengatakan, terdapat sejumlah pertimbangan dari Airlangga untuk memilih pengganti Azis. Antara lain yaitu dedikasi, loyalitas, dan tidak tercela. Hal itu menurutnya juga sudah diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Golkar.

"Pertimbangan umum ya di AD/ART Partai harus mempunyai Prestasi, Dedikasi, Loyalitas dan Tidak Tercela (PDLT)," kata Adies.

Sebelumnya, Adies mengumumkan bahwa Azis telah melayangkan surat pengunduran diri sebagai wakil ketua DPR RI setelah ditetapkan sebagai tersangka suap kasus alokasi dana khusus (DAK) Kabupaten Lampung Tengah.

Azis ditetapkan sebagai tersangka setelah memberi suap sebesar Rp3,1 miliar dari janjinya sebesar Rp4 miliar kepada mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju yang menjadi makelar kasus dibantu pengacara Maskur Husein.

Suap ini diberikan Azis bersama dengan mantan Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Aliza Gunado. Hanya saja, Aliza saat ini belum ditetapkan sebagai tersangka.

Tag: Azis Syamsuddin partai golkar azis syamsuddin tersangka azis syamsuddin ditangkap

Bagikan: