Sosok Lodewijk F. Paulus Pengganti Azis Syamsuddin di Kursi Wakil Ketua DPR

| 29 Sep 2021 18:27
Sosok Lodewijk F. Paulus Pengganti Azis Syamsuddin di Kursi Wakil Ketua DPR
Lodewijk F. Paulus (Antara)

ERA.id - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto resmi menunjuk Sekretaris Jendral partainya Lodewijk F. Paulus untuk menggantikan Azis Syamsuddin sebagai wakil ketua DPR RI.

Airlangga juga sudah menyerahkan nama Lodewijk ke Ketua DPR RI Puan Maharani melalui surat permohonan pergantian antar waktu wakil ketua DPR RI.

"Partai Golkar memutuskan untuk menunjuk saudara Lodewijk F. Paulus sebagai calon wakil ketua DPR RI menggantikan saudara Azis Syamsuddin," kata Airlangga usai menyerahkan surat di Kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Airlangga mengatakan, penunjukan Lodewijk sudah melalui mekanisme di internal Partai Golkar dan diputuskan dalam rapat pleno pada Senin (27/9/2021).

Internal Partai Golkar, kata Airlangga, pihaknya juga telah berkonsultasi dengan para senior partai yang ada dewan pembina, dewan kehormatan, dan dewan pakar.

"Dalam rapat pleno tanggal 27 September kamarin, Partai Golkar memutuskan untuk menunjuk saudara Lodewijk F. Paulus sebagai calon wakil ketua DPR RI menggantikan saudara Azis Syamsuddin," kata Airlangga.

Airlangga berharap, proses pengajukan calon wakil ketua DPR RI dapat segera diselesaika dalam Rapat Paripurna mendatang.

"Tentu kami berharap proses pengajuan calon wakil ketua DPR, Pak Lodewiji bisa diselesaikan di Rapat Paripurna dan diproses sesuai dengan mekanisme yang ada di DPR RI," kata Airlangga.

Seperti diketahui, Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK setelah memberi suap sebesar Rp3,1 miliar dari janjinya sebesar Rp4 miliar kepada mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju yang menjadi makelar kasus dibantu pengacara Maskur Husein.

Rekomendasi