Wakil Ketua DPR Lodewijk Paulus Minta Presiden Jokowi Segera Kirim Nama Calon Panglima TNI

| 30 Sep 2021 16:25
Wakil Ketua DPR Lodewijk Paulus Minta Presiden Jokowi Segera Kirim Nama Calon Panglima TNI
Lodewijk Paulus (Dok. Antara)

ERA.id - Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus meminta Presiden Joko Widodo segera mengirimkan nama calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto sebelum DPR RI memasuki masa reses pada 8 Oktober mendatang. Dia berharap, sebelum tanggal 7 Oktober sudah ada Panglima TNI baru.

"Diharapkan sebelum itu dengan masa reses yang Insya Allah selesai tanggal 7 (Oktober) kita sudah bisa memiliki panglima TNI," kata Lodewijk di Kompleks DPR RI, Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Lodewijk mengatakan, jika Istana tak segera mengirimkan surat presiden (Supres) terkait nama calon Panglima TNI sebelum masa reses, maka waktu untuk memproses calon panglima akan sangat sempit. Sebab, Panglima Hadi akan pensiun tepat 1 Desember 2021.

Namun, hingga saat ini DPR RI masih belum menerima Surpres nama calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Kita menunggu, kita monitor mudah-mudahan Bapak Presiden segera mengajukan calon Panglima TNi karena Pak Hadi per 1 Desember sudah pensiun. Kalau enggak segera kita menunggu total waktu persiapan sangat sempit," kata Lodewijk.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, Istana memang belum mengirimkan Surpres nama calon Panglima TNI ke DPR RI. Menurutnya, masih ada waktu hingga November untuk menyerahkan nama pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Belum ini, tadi barusan saya sampaikan kita akan ajukan secepatnya karena waktunya masih cukup untuk penggantian panglima, panglima itu kan pensiun, masa jabatannya sampai akhir November," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/9).

Rekomendasi