Daftar Daerah PPKM Level 4 Luar Jawa Bali Airlangga: Sisa 6 Daerah

| 04 Oct 2021 17:38
Daftar Daerah PPKM Level 4 Luar Jawa Bali Airlangga: Sisa 6 Daerah
Airlangga Hartarto (ekon.go.id)

ERA.id - Pemerintah memperpanjang pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di luar Jawa Bali selama dua pekan. Saat ini masih ada 6 daerah yang menerapkan PPKM level 4.

"Perpanjangan PPKM luar Jawa-Bali diusulkan untuk 2 minggu ke depan yaitu 5-18 (Oktober) dengan cakupan adalah 6 kabupaten/kota, sebelumnya 10 kabupaten/kota," jelas Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam siaran di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (4/10/2021).

Enam daerah tersebut adalah Kabupaten Pidie, Aceh; Kabupaten Bangka, Bangka Belitung; Kota Padang, Sumatera Barat; Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan; serta Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan di Kalimantan Utara.

Koordinator PPKM luar Jawa Bali ini mengatakan masih ada daerah yang menerapkan PPKM level 4 di luar Jawa dan Bali karena beberapa alasan.

"Masih belum mencapai target yang ditentukan atau testingnya masih relatif terbatas atau ada kenaikan sedikit positivity rate walaupun level-level tersebut sebelumnya lebih rendah dari yang ada," katanya.

Kini daerah yang menerapkan PPKM level 3 semakin sedikit. Tren positif juga ditunjukkan karena daerah yang menerapkan PPKM level 2 dan level 1 yang semakin banyak.

"Sedangkan PPKM level 3 di 43 kabupaten/kota, ini perbaikan dari sebelumnya ada 108. Dan PPKM level 2 meningkat 292 kabupaten/kota dari 249 sebelumnya," ucapnya.

Rekomendasi