Cerita SBY Usai Jalani Operasi Pengangkatan Kanker Prostat di Amerika Serikat

| 23 Nov 2021 11:55
Cerita SBY Usai Jalani Operasi Pengangkatan Kanker Prostat di Amerika Serikat
Susilo Bambang Yudhoyono (Anto/era.id)

ERA.id - Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membagikan kisahnya melawan penyakit kanker prostat dan pengalamannya saat menjalani operasi di Amerika Serikat.

Hal itu diungkapkan SBY melalui video yang diunggah di akun Instagram @aniyudhoyono pada Selasa (23/11/2021).

"Alhamdulillah saya telah menjalani tindakan medis, operasi besar, untuk mengangkat prostat saya yang di dalamnya ada sel-sel kanker," kata SBY dalam video.

SBY menjalani operasi di Mayo Clinic Rochester, Minnesota, Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Dia mengaku operasi berjalan lancar dan baik.

SBY mengaku, di usia 72 tahun ini menjalani operasi besar merupakan hal yang sangat berisiko. Namun, berdasarkan saran dari tim dokter, tindakan medis inilah yang paling tepat untuk kesehatannya.

"Operasi besar yang saya jalani ini tentu memiliki risiko dan saya tahu di usia 72 tahun ini risiko itu bertambah besar. Namun, saya sudah mengambil keputusan dan berkonsultasi dengan tim dokter kepresidenan bahwa tindakan operasi ini lah yang menurut saya untuk kondisi saya yang paling tepat," katanya.

Untuk saat ini, SBY masih menjalani pemulihan dan kontrol kesehatan di Amerika Serikat. Dalam waktu dekat, dia akan kembali ke Indonesia.

"Beberapa saat mendatang saya masih di Rochester untuk melanjutkan pemulihan dan akan segera kembali ke Tanah Air," katanya.

Dalam video itu, SBY tak lupa berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang sudah mendoakan kesehatannya.

Rekomendasi