Ridwan Kamil Akui 'Kalah Saing' dengan Anies dan Ganjar di Survei Pilpres 2024: Ini Politik Tahu Diri

| 19 Dec 2021 16:45
Ridwan Kamil Akui 'Kalah Saing' dengan Anies dan Ganjar di Survei Pilpres 2024: Ini Politik Tahu Diri
Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil bersantai bersama pada 2018 silam. (Dok. Ridwan Kamil)

ERA.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengakui dirinya akan kalah 'saing' dengan Gubernur populer lainnya seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo bila berkompetisi dalam survei pilpres 2024. Ia menjelaskan sejumlah alasannya.

"Ridwan Kamil itu gubernur yang baru mulai kerja, terus kena covid kinerjanya, jadi belum bisa membuktikan, memanen karya-karya prestasi sudah kena covid. Kalau Pak Ganjar kan sudah 2 periode, 5 tahun pertamanya sudah selesai, yang kedua, jadi lebih megang, saya harus akui, ini yang saya sebut politik tahu diri," kata Ridwan lewat Youtube Karni Ilyas Club, dikutip Minggu (19/12/2021).

Lebih lanjut, ia menjelaskan soal posisi Anies yang menjadi gubernur di pusat atensi. Sementara dirinya, berada dalam posisi yang 'nanggung' karena belum dua periode dan tidak maksimal juga menjadi pusat perhatian.

Meski begitu, ia mengingatkan hasil survei saat ini tak bisa menjadi pegangan karena masih calon perseorangan. Sebab survei akan lebih relevan saat yang diajukan dalam bentuk pasangan.

"Ini kan pasangannya masih belum matematik. apakah Prabowo-Puan, Prabowo-Ganjar, bisa Puan-Anies, atau Anies-Ridwan Kamil, kan belum ya, masih survei itu perseorangan, jadi bisa aja yang survei 1 berpasangan dengan yang kelima, kedua, keempat," katanya.

Rekomendasi