Pemerintahkan Siapkan 10 Aturan Turunan UU Ibu Kota Negara, Targetkan Rampung 2 Bulan

| 31 Jan 2022 13:14
Pemerintahkan Siapkan 10 Aturan Turunan UU Ibu Kota Negara, Targetkan Rampung 2 Bulan
Ilustrasi rancangan ibu kota baru (Antara)

ERA.id - Pemerintah menyatakan telah menyusun 10 aturan turunan Undang-Undang Ibukota Negara (UU IKN) setelah disahkan oleh DPR RI pada Selasa (18/1/2022).

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Wandy Tuturoong mengatakan, perumusan 10 aturan turunan tersebut dilakukan setelah pemerintah menerima naskah UU IKN, pada Kamis (27/1/20220) lalu.

"Sepuluh aturan turunan itu meliputi tiga PP, lima Perpres, satu Kepres, dan satu Peraturan Kepala Otorita IKN," kata Wandy dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/1/2022).

Wandy mengatakan, penyusunan aturan turunan UU IKN ditargetkan rampung dalam dua bulan, terhitung dari sejak pengesahan UU IKN, pada 18 Januari 2022 lalu.

"Rentang waktunya 2 bulan ya sejak UU IKN disahkan. Naskah dari DPR saat ini sedang dirapikan dan diberi nomor UU nya," kata Wandy.

Wandy lantas merinci beberapa aturan turunan yang dituangkan dalam bentuk Perpres, diantaranya tentang susunan dan tata cara penyelenggaraan pemerintahan daerah khusus IKN serta penyiapan pembangunan dan pemindahan IKN. Selain itu, Perpres juga akan mengatur soal struktur organisasi, tugas wewenang dan tata kerja Otorita IKN.

"Kalau soal biaya atau anggaran akan diatur dalam PP tentang pendanaan untuk persiapan pembangunan dan pemindahan IKN serta penyelenggaraan pemerintahan daerah khusus IKN," papar Wandy.

Kami juga pernah menulis soal Apes Banget! Bawa Sajam Mau Tawuran, Enam Anggota Geng Motor Lavendos di Bekasi Diciduk Polisi Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Rekomendasi