Tambahan Kasus Covid-19 Capai 27 Ribu Orang Sehari, Jokowi Perintahan Luhut Evaluasi PPKM

| 04 Feb 2022 07:43
Tambahan Kasus Covid-19 Capai 27 Ribu Orang Sehari, Jokowi Perintahan Luhut Evaluasi PPKM
Presiden Joko Widodo dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (tangkapan layar)

ERA.id - Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto untuk mengevaluasi level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal ini merespons melonjaknya kasus Covid-19 harian yang hari ini mencapai 27.197 orang.

"Saya telah memerintahkan Menko Marinves selaku Koordinator PPKM Jawa-Bali, serta Menko Perekonomian selalu koordinator PPKM luar Jawa-Bali, untuk segera mengevaluasi level PPKM," ujar Jokowi dalam keterangan video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (3/2/2022).

Jokowi juga mengimbau kepada kepala daerah dan jajaran pemerintah daerah bekerja sama dengan TNI-Polri untuk kembali menegakan protokol kesehatan di tengah masyarakat. Selain itu, mempercepat laju vaksinasi Covid-19 di daerahnya masing-masing.

"Saya meminta kepada gubernur, bupati, wali kota dan jajaran pemerintah daerah di bantu jajaran TNI-Polri, untuk memastikan protokol kesehatan dilaksanakan oleh masyarakat dan vaksinasi terus dijalankan dan dipercepat," kata Jokowi.

Atas adanya lonjakan kasus Covid-19 ini, Jokowi kembali berpesan kepada masyarakat agar tidak panik. Dia memastikan pemerintah sudah menyiapkan fasilitas kesehatan, obat-obatan, hingga tenaga kesehatan.

Oleh karenanya, Jokowi mengimbau aga masyarakat yang terpapar Covid-19 khususnya Varian Omicron dan tidak bergejala maupun bergejala ringan, cukup melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Perlu saya sampaikan bahwa Varian Omicron bisa disembuhkan tanpa harus ke rumah sakit. Pasien yang terpapar ini cukup melakukan isolasi secara mandiri di rumah, minum obat dan multivitaman, dan segera tes kembali setelah lima hari," ujarnya.

 

Kami juga pernah menulis soal Wamenkes Perkirakan Tren Peningkatan COVID-19 Lampaui Gelombang Kedua Kamu bisa baca di sini

 

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Rekomendasi