Di Pidato G20, Jokowi Minta Ketegangan dan Rivalitas di Ukraina Dihentikan, Sindir Rusia dan AS ?

| 17 Feb 2022 13:14
Di Pidato G20, Jokowi Minta Ketegangan dan Rivalitas di Ukraina Dihentikan, Sindir Rusia dan AS ?
Presiden Jokowi (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo meminta semua pihak tak membuat ketegangan baru yang mengganggu pemulihan dan keselamatan dunia, sebagaimana yang terjadi di Ukraina saat ini.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan Pembukaan The First FMCBG Indonesia Presidensi G20 2022.

Menurut Jokowi, kebangkitan satu kawasan akan membangkitkan kawasan lainnya, sementara keruntuhan satu kawasan akan pula berdampak pada kawasan lainnya.

"Dalam situasi yang seperti ini, bukan saatnya  untuk rivalitas. Bukan saatnya membuat ketegangan baru yang menganggu pemulihan dunia apalagi yang  membahayakan keselamatan dunia, sebagaimana yang terjadi di Ukraina saat ini," ujar Jokowi.

Menurut dia, semua pihak harus menghentikan ketegangan dan rivalitas agar fokus dalam bersinergi dan berkolaborasi menyelematkan dunia.

"Tempat kita hidup, Untuk segera bangkit kembali, pulih kembali," tambah dia.

Dia menjelaskan semua pihak harus bekerja sama mengendalikan inflasi yang meningkat, serta mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga pangan.

"Kita harus mencegah terjadinya kelaparan, kita juga mempunyai tugas untuk melakukan beberapa transformasi," jelas Jokowi.

Kami juga pernah menulis soal Jokowi Lepas Ekspor Mobil Perdana ke Australia, Netizen: Kirain Esemka Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi