Anies Baswedan Dukung H.B Jassin Jadi Pahlawan Nasional: Lahir di Gorontalo, Bersemayam di Jakarta, Bermanfaat di seluruh Indonesia

| 22 Feb 2022 21:00
Anies Baswedan Dukung H.B Jassin Jadi Pahlawan Nasional: Lahir di Gorontalo, Bersemayam di Jakarta, Bermanfaat di seluruh Indonesia
Anies Baswedan (Dok. Antara)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswaden mendukung almarhum Hans Bague (H.B) Jassin sebagai Pahlawan Nasional dari Provinsi Gorontalo.

Dukungan tersebut disampaikan pada Seminar Nasional pengusulan H.B Jassin menjadi Pahlawan Nasional di Kantor Perpustakaan Nasional Jakarta dikutip dari Antara, Selasa (22/2/2022).

“Kami sangat mengapresiasi ikhtiar untuk menempatkan H.B Jassin sebagai Pahlawan Nasional. H.B Jassin ini menjadi penghubung antara Gorontalo dan Jakarta. Lahirnya di Gorontalo, bersemayamnya di Jakarta, bermanfaatnya di seluruh Indonesia,” ujar Anies Baswedan pada seminar yang digelar virtual tersebut.

Anies mengatakan, H.B Jassin memiliki peran besar dalam perjalanan kebangsaan Indonesia. Oleh karena itu, seminar tersebut menurutnya tidak hanya sekedar mengenang setiap momen perjalanan hidup H.B Jassin, tetapi untuk memaknai perjuangannya.

“Bukan sekedar menuliskan rentetan peristiwa yang dialaminya, karena kita semua sadar betapa besar peran seorang H.B Jassin di dalam perjalanan kebangsaan kita. Beliau ini unik, profesi yang membuatnya terkenal adalah kritikus sastra, pekerjaannya mengkritik kata-kata. Pusat Dokumentasi Sastra yang didirikannya menjadi salah satu yang terlengkap di dunia,” urainya.

Anies mengakhiri sambutannya dengan membacakan puisi berjudul Doa karya H.B Jassin yang ditulis tahun 1945. Seminar itu dibuka oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim secara virtual dari Gorontalo.

H.B Jassin merupakan putra Gorontalo yang diusulkan oleh Pemprov Gorontalo menjadi pahlawan nasional. Ia lahir di Gorontalo pada tanggal 31 Juli 1917 dan meninggal di Jakarta pada 11 Maret 2000.*

Kami juga pernah menulis soal Pemprov DKI Bakal olah 2.000 Ton Sampah Per Hari Jadi Bahan Bakar di Bantargebang, Anies: Punya Efek Baik untuk Kualitas Udara Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi