Indonesia Menuju Endemi COVID-19, BRIN: Vaksinasi Harus Penuhi 70 Persen dari Populasi

| 03 Mar 2022 13:44
Indonesia Menuju Endemi COVID-19, BRIN: Vaksinasi Harus Penuhi 70 Persen dari Populasi
Laksana Tri Handoko (Dok. Antara)

ERA.id - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan salah satu strategi untuk menuju endemi COVID-19 adalah mengejar cakupan vaksinasi COVID-19 memenuhi 70 persen dari total populasi, di mana Indonesia sudah mengalami dua tahun pandemi COVID-19.

"Semua negara sama resepnya, yakni meningkatkan jumlah vaksinasi penuh minimal sampai dengan 70 persen dari populasi," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dikutip dari Antara di Jakarta, Kamis (3/3/2022).

Handoko menuturkan akan lebih baik lagi jika bisa mencapai minimal 40 persen dari populasi penduduk Indonesia mendapatkan vaksin penguat (booster).

Selain meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19, strategi yang harus selalu dilakukan adalah tetap menjaga protokol kesehatan, khususnya dengan memakai masker.

Meskipun sudah mendapat vaksin COVID-19, masyarakat harus tetap melakukan protokol kesehatan secara disiplin karena pandemi COVID-19 masih belum berakhir.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI menargetkan vaksinasi COVID-19 sudah mencakup 70 persen dari populasi pada Juni 2022 dan melakukan berbagai upaya untuk mencapai target tersebut.

"Vaksinasi dosis satu sudah mencapai 51,97 persen dari populasi 270 juta penduduk Indonesia dan kita berharap akan melengkapi target vaksinasi kita sebanyak 70 persen pada bulan Juni 2022," kata Juru Bicara Kemkes Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers virtual yang diikuti dari Jakarta, Selasa sore (22/2).

Selain mengakselerasi pelayanan untuk menjangkau warga yang belum mendapat suntikan vaksin COVID-19, pemerintah melakukan vaksinasi ulang pada warga yang terlambat mendapat vaksinasi dosis kedua, belum mendapat vaksinasi dosis kedua setelah enam bulan lebih mendapat vaksinasi dosis pertama.

Menurut data pemerintah, hingga Senin (21/2) sebanyak 337 juta dosis vaksin COVID-19 telah disuntikkan kepada warga. Sebanyak 51,97 persen dari 270 juta penduduk Indonesia tercatat sudah mendapat suntikan dua dosis vaksin COVID-19.

Kami juga pernah menulis soal Mengerikan, Mantan Petinggi WHO Ungkap Virus Penyebab Covid-19 akan Terus Bermutasi Menjadi Banyak Varian Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi