Kasus COVID-19 Melandai, Pemkot Solo Alihkan Fungi Isoter Menjadi Sentra Vaksinasi

| 14 Mar 2022 22:29
Kasus COVID-19 Melandai, Pemkot Solo Alihkan Fungi Isoter Menjadi Sentra Vaksinasi
Ilustrasi (Amalia/era.id)

ERA.id - Pemerintah Kota Solo berencana mengalihkan fungsi tempat isolasi terpusat (isoter) Graha Wisata menjadi sentra vaksinasi. Pasalnya saat ini lokasi tersebut hanya tinggal satu penghuni saja.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Senin (14/3/2022). Teguh mengatakan jika lokasi Graha Wisata saat ini hanya tinggal dihuni satu pasien. Sehingga ke depannya lokasi ini akan dialihfungsikan sebagai sentra vaksinasi.

”Ini hanya tinggal satu orang, tiga hari lagi selesai isolasi mandiri. Setelah itu akan kami sterilisasi dan kami aktifkan untuk sentra vaksinasi,” ucap Teguh usai rapat koordinasi penanganan Covid-19.

Sementara tempat isoter, nantinya akan dipusatkan di satu lokasi, yakni Ndalem Priyosuhartan. Saat ini di Ndalem Priyosuhartan masih ada delapan pasien yang menghuni.

”Semua nanti dipusatkan di Ndalem Priyosuhartan. Graha Wisata untuk sentra vaksinasi,” katanya.

Untuk sentra vaksinasi ini rencananya akan dibuka pada 31 Maret 2022 mendatang. Nantinya layanan vaksinasi ini akan menyasar bagi masyarakat umum, baik yang ingin vaksin primer atau vaksin penguat.

”Semua usia, anak 6-11 tahun juga bisa,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih mengatakan sentra vaksinasi akan dipusatkan di Graha Wisata Niaga. Saat ini DKK sedang menyiapkan nakes untuk pelayanannya. ”Kami konsolidasikan dengan staf untuk tenaganya,” ucapnya.

Rencananya untuk percepatan vaksinasi ini DKK Solo tak hanya mengaktifkan di Graha Wisata saja, melainkan juga layanan vaksinasi di Puskesmas dan mobil vaksinasi keliling. Layanan vaksinasi ini akan menyasar bagi masyarakat umum.

”Sebenarnya capaian vaksinasi kami sudah berlebih, yakni 110 persen dari target. Namun vaksinasi tetap jalan terus, akan tetap kami buka untuk siapa yang mau vaksin,” ucapnya.

Kami juga pernah menulis soal Indonesia Menuju Endemi COVID-19, BRIN: Vaksinasi Harus Penuhi 70 Persen dari Populasi Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Tags : vaksinasi solo
Rekomendasi