Jokowi Besok Lantik Kepala Otorita OKN, Waka DPR: Saya Belum Dapat Info

| 09 Mar 2022 22:48
Jokowi Besok Lantik Kepala Otorita OKN, Waka DPR: Saya Belum Dapat Info
IKN (dok. BPMI)

ERA.id - Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hingga saat ini masih menjadi misteri. Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mendesak Presiden Joko Widodo segera menunjuk dan melantik Kepala Otorita IKN.

"Sampai hari ini saya belum dapat informasi, tapi saya memang dengar ini kebutuhan yang mendesak," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/3/2022).

Dasco mengatakan, kebutuhan pemimpin di IKN Nusantara merupakan hal mendesak. Sehingga pemerintahan otorita IKN dapat segera berjalan.

"Karena ini katanya kebutuhan yang mendesak, ya ini mungkin ada pertkmbangan dari presiden untuk segera agar semua bisa berjalan," kata Dasco.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo kemungkinan akan melantik kepala otoritaka ibu kota negara (IKN) dalam pekan ini. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong menyebut, pelantikan bisa saja dilakukan dalam dua hari mendatang.

"Ada kemungkinan 1-2 hari ini. Tapi belum bisa saya pastikan," kata Wandy kepada wartawan, Selasa (8/3/2022).

Meski begitu, hingga saat ini belum ada tanda-tanda pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Otorita IKN dan Keputusa Presiden (Keppres) tentang pengangkatan kepala Otorita IKN. Dua perturan tersebut merupakan bagian dari aturuan turunan Undang-Undang tentang IKN.

Melalui keterangan tertulisnya, Wandy menyebut, Otorita IKN bisa langsung beroperasi setelah aturan turunan UU IKN terbit, terutama Perpres tentang Otorita IKN dan Keppres tentang pengangkatan kepala Otorita IKN.

"Ini sangat dimungkinkan sekali. Karena pada fase awal pembangunan IKN, kementerian yang relevan dengan pembangunan infrastruktur yakni KemenPUPR akan membantu pembangunan fisik IKN di bawah koordinasi Kepala Otorita IKN," kata Wandy dalam keterangannya, Selasa (8/3).

Rekomendasi