Kepala Otorita IKN Koordinasi dengan Kejaksaan hingga KPK: Kita Ingin dari Awal Dikawal

| 19 Mar 2022 15:20
Kepala Otorita IKN Koordinasi dengan Kejaksaan hingga KPK: Kita Ingin dari Awal Dikawal
Tangkapan layar Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono (kiri) usai dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3). (ANTARA/Indra Arief)

ERA.id - Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susanto mengatakan pihaknya tidak hanya berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait dalam membahas pembangunan di IKN. Tetapi juga berkomunikasi dengan Kejaksaan hingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bambang menyebut pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kejaksaan. Sedangkan pertemuan dengan KPK dijadwalkan pekan depan.

"Kami berdua (bersama Wakil Kepala Otorita Dhony Rahajoe) sudah berkoordinasi dengan Kejaksaan, kemudian minggu depan kita akan ikuti lagi dengan instansi lain di antaranya dengan KPK," kata Bambang dalam keterangan video di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (18/3/2022).

Bambang menjelaskan, upayanya berkoordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga termasuk kejaksaan dan KPK guna mewujudkan tata kelola yang baik. Karena itu, pihaknya ingin dikawal sejak awal.

"Kita ingin dari awal kita dikawal, sehingga secara trust atau confident dari organisasi IKN ini bis terbentuk dengan baik," kata Bambang.

Perihal penyusunan organisasi di Otorita IKN, menurut Bambang saat ini masih digodok dengan kementerian dan lembaga terkait. Namun dia memastikan akan menyusun organisasi yang dipimpinnya menjadi institusi yang lincak dan memiliki tata kelola yang baik.

Menurutnya, tata kelola yang baik dan lincah merupakan prasyarat utama untuk menarik investor.

"Semakin kita memiliki satu governance yang baik, semakin investor percaya kita punya kredibilitas dan tentunya nanti trust-nya akan terbangun," kata Bambang.

"Intinya kita ingin di dalam board of IKN, itu ada Otorita IKN sebagai penyelenggara pemerintah sekaligus regulator tapi untuk masalah kepengusahaan ada badan usaha yang nantinya akan lebih lincah dalam melakukan pelaksanaan pembangunan, menarik investor, dan sebagainya sehingga pola kerja sama dengan swasta, instansi swasta akan berlangsung dinamis," pungkasnya.

Kami juga pernah menulis soal Momen Jokowi Sarungan Sambil Menikmati Malam di IKN Gelap-gelapan Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi