Bukti PAN Cinta Banget sama Cak Imin dan PKB, Viva Yoga: Bagai Saudara Kembar

| 25 Mar 2022 19:50
Bukti PAN Cinta Banget sama Cak Imin dan PKB, Viva Yoga: Bagai Saudara Kembar
Waketum PAN Viva Yoga Mauladi (Dok. DPR)

ERA.id - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengungkapkan, partainya sangat menyayangi dan mencintai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) termasuk juga kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Hal ini menanggapi ucapan Cak Imin yang mengingatkan PAN agar tak menganggu posisi PKB di Kabinet Indonesia Maju.

"PAN itu sayang dan cinta banget dengan Cak Imin dan PKB," ujar Viva kepada wartawan, Jumat (25/3/2022).

Viva kemudian mengibaratkan hubungan PAN dan PKB seperti saudara kembar. Dalam bidang politik, kedua partai politik ini sama-sama memiliki misi nasional dan kebangsaan.

"PAN dan PKB ibarat saudara kembar, tidak bisa dipisahkan sebagai kekuatan politik yang membawa misi nasional dan kebangsaan. PAN membawa amanat nasional, PKB membawa kebangkitan bangsa," katanya.

Lebih lanjut, Viva menilai Cak Imin sebagai sosok politisi yang santun dan humoris. Dengan gayanya yang santai, Cak Imin mampu mencairkan suasana politik.

"Bahasa Jawa Timurnya, Cak Imin itu etooop banget. Cak Imin membawa proses politik dengan cair dengan humornya tanpa meninggalkan subtansi," kata Viva.

Sementara terkait soal isu reshuffle kabinet, Viva menegaskan bahwa PAN tetap berpegang pada peraturan perundang-undangan yang ada, yaitu menyerahkan keputusan tersebut kepada Presiden Joko Widodo.

Viva meyakini, Presiden Jokowi memiliki pertimbangan yang matang dan akan mengambil kebijakan yang baik untuk koalisi pemerintah.

"Soal reshuffle, PAN tetap berpedoman kepada pasal 17 UUD 1945 bahwa hal itu menjadi kewenangan dan prerogatif Presiden karena menteri adalah pembantu presiden," kata Viva.

"PAN menghormati pak Presiden Jokowi. Tentunya Pak Presiden akan mengambil kebijakan yang baik buat kekompakan koalisi partai pemerintah," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengaku tak mempermasalahkan jika ke depannya Partai Amanat Nasional (PAN) mendapat jatah kursi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Dengan catatan, tidak mengganggu partainya.

Cak Imin menekankan, jika nantinya PAN masuk dalam kabinet diharapkan tidak menganggu kursi menteri yang dimiliki PKB. Adapun saat ini PKB mendapat jatah kursi menteri Ketenagakerjaan, Menteri Desa-PDTT, sampai Menteri Agama.

Sembari berseloroh, Cak Imin mengatakan, jika PAN sampai menganggu posisi PKB di kabinet maka akan terjadi perang seperti Rusia dan Ukraina.

"Silakan, asal nggak ganggu PKB. Kalau ganggu PKB, bisa Ukraina lawan Rusia nanti," kata Cak Imin.

Kami juga pernah menulis soal Di Depan Luhut dan Erick Thohir, Jokowi Singgung Reshuffle Kabinet Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi