Pemerintah Kucurkan Anggaran Sebesar Rp6,95 Triliun untuk BLT Minyak Goreng

| 08 Apr 2022 18:14
Pemerintah Kucurkan Anggaran Sebesar Rp6,95 Triliun untuk BLT Minyak Goreng
Ilustrasi BLT (Antara)

ERA.id - Pemerintah mengucurkan anggaran hingga mencapai Rp6,95 triliun untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng. Dana ini diambil dari anggaran program Pemilihan Ekonomi Nasional (PEN) 2022.

Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata menjelaskan, pemerintah memasukan program BLT minyak goreng di dua skema program pemerintah yaitu batuan sosial (pangan) dan program bantuan tunai untuk pedagang kaki lima, warung, dan nelayan (BTPKLWN).

"Proses penganggaran ini bisa kita lakukan percepatan, karena kita memasukan program BLT minyak goreng ini sebagai bagian dari program bansis pangan untuk keluarga-keluarga, dan menjadi satu juga dengan program BTPKLWN, dalam hal ini spesifik tambahannya untuk PKLW yang melakukan usaha di bidang makanan," ujar Isa  dalam konferensi pers BLT Minyak Goreng yang disiarkan di kanal YouTube Perekonomian RI, Jumat (8/4/2022).

Untuk BLT minyak goreng di program bansos pangan, kata Isa akan diberikan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima program bantuan pangan non tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

"Kita siapkan Rp6,2 triliun untuk 20,65 juta keluarga yang selama tahun 2022 ini sudah menerima PKH dan bansos pangan," kata Isa.

Sementara BLT minyak goreng di program BTPKLWN akan diberikan kepada 2,5 juta PKLW dengan anggaran mencapai Rp750 miliar. Untuk program ini, penyaluran BLT minyak goreng akan dilakukan oleh TNI-Polri.

Sehingga, total penerima BLT minyak goreng adalah 23,06 juta KPM dengan total anggaran Rp6,95 triliun.

Isa menambahkan, pemerintah bersama lembaga terkait akan terus mencermati anggaran yang dikeluarkan untuk BLT minyak goreng. Sementara untuk kekurangan di program-program lainnya akan dibicarakan secara terpisah.

"Yang penting kita bisa menjalankan arahan Bapak Presiden bahwa kita bisa segera menyalurkan pada bulan Ramadan ini dan seminggu sebelum Idulfitri kita sudah menuntaskan penyaluran tersebut," kata Isa.

Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) Susiwijono Moegiarso menambahkan, program Bantuan Lasung Tunai (BLT) minyak goreng akan mulai disalurkan pada pekan depan. Penyalurkan akan dibantu oleh TNI-Polri usai revisi dokumen teknis selesai.

Targetnya minggu depan ini semua sudah selesai. Mudah-mudahan sudah mulai bisa disalurkan oleh TNI dan Polri," kata Susi.

Kami juga pernah menulis soal Jokowi Minta BLT Minyak Goreng Cair Sebelum Lebaran: Rakyat Dapat Rp300 Ribu Senang Betul Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi