Jokowi Mesra Bareng Anies Tinjau Sirkuit Formula E, DPR: Itu Bentuk Dukungan Agar Acara Berlangsung Sukses

| 26 Apr 2022 13:13
Jokowi Mesra Bareng Anies Tinjau Sirkuit Formula E, DPR: Itu Bentuk Dukungan Agar Acara Berlangsung Sukses
Presiden Joko Widodo saat meninjau sirkuit Formula E (Antara)

ERA.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menilai, kunjungan Presiden Joko Widodo ke sirkuit Formula E Ancol merupakan hal yang wajar. Menurutnya, sikap itu sekaligus bentuk dukungan kepala negara agar acara bertaraf internasional tersebut nantinya berjalan lancar dan sukses.

"(Formula E) ini diadakan di Indonesia sebagai tuan rumah tentunya sebagai presiden, Pak Jokowi ingin acara ini berlangsung lancar dan sukses," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Terkait kebersamaan Jokowi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Dasco menilai tidak ada kaitannya dengan masalah politik. Jokowi hanya sebatas ingin memastikan ajang Formula E berjalan baik dan Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik pula.

"Pak Presiden ingin bahwa kegiatan ajang internasional ini bisa berjalan dengan baik dan Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik," kata Dasco

"Oleh karena itu dengan banyaknya dinamika kemudian hal-hal di media, saya pikir pak Jokowi ingin memastikan bahwa Formula E baik-baik saja," imbuhnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4). Dalam kunjungannya itu, nampak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut mendampingi.

Dalam salah satu foto, terlihat Jokowi disopiri Anies dengan menggunakan mobil golf atau buggy car. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu juga nampak sedang menjelaskan perkembangan kesiapan arena sirkuit.

Adapun Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya itu untuk memastikan kesiapan penyelenggaran ajang balap mobil listrik yang akan digelar pada 4 Juni 2022 mendatang.

"Saya ingin melihat persiapan Formula E seperti apa di lapangan. Untuk trek balapan sudah siap, kemudian yang dikejar tinggal paddock dan grandstandnya," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/4/2022).

Menurut Jokowi, pengerjaan paddock dan grandstand Formula E masih bisa dikejar setelah Hari Raya Idulfitri 2022. Dia berharap, awal Juni mendatang masyarakat sudah bisa menyaksikan ajang balap mobil bertaraf internasional tersebut.

"Masih ada waktu habis Lebaran, dan kita harapkan di awal Juni kita bisa melihat balapannya," kata Jokowi.

Sementara Anies menyampaikan bahwa pengerjaan sirkuit Formule E memang masih dilakukan hingga saat ini. Namun untuk trek balapan, dipastikan sudah selesai 100 persen.

"Kalau untuk treknya (trek balapan) sudah 100 persen selesai," kata Anies.

Rekomendasi