Soal Pertemuan SBY dan Surya Paloh, PDIP: 'Lobi-Lobi Langit' Level Paling Atas

| 07 Jun 2022 09:15
Soal Pertemuan SBY dan Surya Paloh, PDIP: 'Lobi-Lobi Langit' Level Paling Atas
Bambang Pacul Wuryanto (Dok. Antara)

ERA.id - Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto menduga ada lobi-lobi politik di balik pertemuan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Wah kalau itu sih, pertemuan, lobi lobi di langit atas level paling atas. Itu sudah pikiran para beliau beliau, tentu kita hanya bisa menduga," kata Bambang di Universitas Pertahanan, Sentul, Senin (6/6/2022).

Meski begitu, Bambang mengaku PDIP tak terganggu maupun khawatir dengan adanya pertemuan SBY dan Surya Paloh. Dia yakin PDIP bakal memiliki strategi matang untuk Pemilu 2024.

Bambang menambahkan, jika sudah ada pertemuan antar petinggi partai politik, maka akan ada saatnya pula Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri melakukan pergerakan.

"Kekhawatiran tidak ada, kita di level atas sudah pasti ada pada Ibu Ketua Umum. Ya tho di PDI, nanti di sana Pak SBY dan sebagainya, itu sudah level atas semua ini. Kalau sudah level langitan semua yang turun, artinya level paling atas, itu ya pasti negosiasi," ujar Bambang.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya membenarkan adanya pertemuan antara Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower pada Minggu (5/6) malam.

Menurut Willy, SBY datang bersilaturahmi bersama putra sulungnya yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Pertemuan ini juga lanjutan dari lawatan AHY ke NasDem Tower beberapa waktu lalu.

"Pak SBY datang berkunjung bersama AHY. Setelah kunjungan AHY sebelumnya, bahwasannya Pak SBY ingin bersilaturahmi ke Pak Surya, tadi malam baru kejadian," kata Willy saat dikonfirmasi wartawan, Senin (6/6/2022).

Terkait dengan kemungkinan NasDem dan Demokrat berkoalisi usai pertemuan SBY dengan Surya Paloh, Willy tak menampik ada pembicaran terkait Pemilu 2024. Namun, pertemuan semalam masih sebatas prolog.

"Tentu karena dua partai yang bertemu tentu ada berbicara itu, tapi masih berbicara prolog lah sifatnya. Ini baru pertemuan pertama," kata Willy.

Rekomendasi