Kinerja Erick Thohir Dianggap Moncer, Pengamat: Tak Heran Masuk Posisi Terkuat Survei Cawapres

| 10 Jun 2022 14:00
Kinerja Erick Thohir Dianggap Moncer, Pengamat: Tak Heran Masuk Posisi Terkuat Survei Cawapres
Erick Thohir (Antara)

ERA.id - Pengamat Politik Universitas Gajah Mada (UGM) Dodi Ambardi menilai Menteri BUMN Erick Thohir memiliki kinerja yang bagus. Dia mengatakan hal itu pun membuat Erick menjadi salah satu tokoh potensial menjadi cawapres dalam survei Poltracking Indonesia.

Dalam simulasi lima nama cawapres, Erick menduduki posisi kedua dengan tingkat elektabilitas sebesar 16,0 persen, di bawah Sandiaga Uno yang sebesar 18,2 persen. Keduanya berada di atas AHY dengan 14,1 persen, Ridwan Kamil sebesar 11,4 persen, dan Puan sebesar 7,2 persen.

Dodi mengatakan, Erick dan Sandiaga telah dikenal publik karena mereka memiliki gelanggang kerja sebagai menteri.

"Dari situ, mereka berdua memiliki kemungkinan besar untuk terekspos media. Jika kerja mereka bagus, maka gaung kerja mereka akan semakin menopang mereka," ujar Dodi.

Sementara itu, lanjut Dodi, AHY dikenal publik berkat tim publisitasnya yang terus bekerja, meskipun AHY bukan seorang menteri.

Dodi memperkirakan, elektabilitas Erick masih akan terus meningkat mengingat sejumlah program Kementerian BUMN yang menyentuh isu penting tentang kesempatan kerja di BUMN, kerja sama dengan usaha kecil, yang juga memberikan ekspos positif terhadap Erick.

Untuk menjaga tren positif tersebut, Dodi mengatakan ada satu tantangan baru yang harus dijawab Erick setelah Jokowi memberikan amanah baru untuk membantu petani dalam mengelola kehutanan sosial.

"Itu isu penting, itu isu yang bisa membantu perbaikan nasib petani, itu juga isu yang bisa menguji dan menaikan citra positif Erick. Jadi, operasionalisasi perintah itu perlu disegerakan," kata Dodi.

Erick Thohir menjadi sosok pemimpin baru di bursa calon wakil presiden (cawapres). Berdasarkan hasil survei terbaru dari lembaga Poltracking Indonesia, Erick Thohir bersaing di peringkat utama bersama Sandiaga Uno.

“Dalam simulasi surat suara 10 nama Cawapres 2024, angka elektabilitas dari setiap kandidat yaitu Sandiaga Salahuddin Uno 15,5 persen, Erick Thohir 12,4 persen,” ungkap Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda dalam rilis Poltracking Indonesia

Tags : erick thohir
Rekomendasi