era g20

Hasil Survei Poltracking: Didukung Kiai NU, Erick Thohir Jadi Bakal Calon Wapres Terkuat di Wilayah Jawa Timur

Tim Editor

Erick Thohir (Antara)

ERA.id - Direktur Riset Poltracking Indonesia, Arya Budi menilai figur kiai-kiai NU sukses membawa Erick Thohir menjadi cawapres terkuat di Jawa Timur.

Dia mengatakan berkat restu para kiai berdampak pada melejitnya elektabilitas orang nomor satu di Kementerian BUMN itu.

“Jadi preferensi dari tokoh kultural di Jatim yang notabene adalah basis NU dan ada banyak tokoh NU di sana, kiai-kiai yang dihormati dan kata-katanya selalu menjadi rujukan, termasuk pilihan politiknya,” kata Arya.


Dalam survei terbaru di daerah Jatim milik Poltracking Indonesia, Erick Thohir keluar sebagai cawapres dengan elektabilitas tertinggi.

Pada simulasi 15 nama cawapres yang dibuat oleh Poltracking, Erick Thohir sukses menempati posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 14,2 persen. Menyusul di belakang, ada nama Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di angka 13,7 persen.

Lebih lanjut, Arya menjelaskan siapa pun kandidat yang mampu merepresentasikan suara NU, bakal mampu memenangkan kontestasi Pilpres di Jatim. Sebab menurutnya pengaruh NU masih sangat besar.

“Menarik, sejauh mana pengaruh NU dalam Pilpres 2024 karena kandidat yang mampu merepresentasikan NU diyakini mampu memenangkan kontestasi pilpres di Jawa Timur,” pungkas Arya.

Sementara restu kiai-kiai NU kepada figur Erick Thohir memang sangat terlihat. Mulai dari pengasuh pondok pesantren hingga tokoh-tokoh penting di PBNU telah memberikan sinyal mendukung Erick Thohir pada Pilpres 2024.

Terbaru, Erick Thohir bahkan diberikan amanah sebagai Steering Committee (SC) atau Ketua Pengarah acara peringatan Harlah ke-100 NU.

Tag: erick thohir Menteri BUMN Calon Wakil Presiden Poltracking

Bagikan: