Diam-diam PKB dan Gerindra Susun Piagam Koalisi, Bakal Deklarasi Sebelum HUT RI

| 26 Jul 2022 20:32
Diam-diam PKB dan Gerindra Susun Piagam Koalisi, Bakal Deklarasi Sebelum HUT RI
Prabowo Subianto dan Muhaimin (Dok. Istimewa)

ERA.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra sedang menyusun Piagam Deklarasi Koalisi. Diketahui kedua partai tersebut sepakat membangun kerja sama pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Deklarasi koalisi PKB-Gerindra rencananya akan digelar menjelang perayaan HUT RI pada 17 Agustus mendatang.

"Alhamdulillah, kami kembali bertemu untuk membahas butir-butir Piagam Deklarasi Koalisi yang memuat visi, misi, dan latar belakang kenapa kami harus bekerja sama dalam menghadapi Pemilu 2024. Ini penting karena kami tidak ingin kerjasama kami ini hanya sekadar pragmatisme politik, tetapi lebih dari itu, kami ingin koalisi kami benar-benar untuk memberi opsi kemanfaatan lebih besar bagi Indonesia," ujar Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda melalui keterangan tertulis, Selasa (26/7/2022).

Piagam Deklarasi Koalisi itu disusun oleh elite PKB dan Gerindra di Jakarta Selatan. Dari pihak Gerindra hadir Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Umum Sugiono dan Ketua DPP Gerindra Prasetyo. Sedangkan dari PKB hadir Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua DPP PKB Fathan Subchi, Bendahara DPP PKB Bambang Susanto dan Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda.

Huda menambahkan, pertemuan tersebut juga dibahas tentang waktu peresmian deklarasi. Sesuai budaya nusantara, pemilihan waktu ini dihitung dengan cermat sehingga memenuhi unsur kebaikan baik dari sisi spiritual maupun sisi taktis politisnya.

"Kami benar-benar meniatkan kerja sama ini sebagai hal baik sehingga kita hitung secara cermat dari berbagi dimensi sehingga nantinya hasilnya juga baik untuk Indonesia," kata Huda.

Meski begitu, Huda enggan membocorkan kapan pastinya deklarasi akan dilakukan. Tapi dia memberi kisi-kisi bahwa deklarasi akan dilakukan tidak akan lewat dari Perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022 mendatang.

"Kita belum bisa sampaikan waktu tepatnya, tetapi Insyaallah tidak akan jauh dari Perayaan HUT Kemerdekaan kita," katanya.

Sebelumnya, isu koalisi Gerindra dan PKB mengemuka setelah pertemuan Ketua Umum DPP Gerindra dan Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar di Kertanegara, Sabtu (18/6).

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bersepakat akan bekerja sama dalam menghadapi Pemilu 2024.

Pertemuan dan jalinan kerja sama itu semakin diperkuat dengan pertemuan elite dari kedua partai tersebut di beberapa kesempatan.

Rekomendasi