Deretan Kasus Pembunuhan di Indonesia yang Hebohkan Publik, Ada yang Belum Terselesaikan

| 11 Nov 2022 16:02
Deretan Kasus Pembunuhan di Indonesia yang Hebohkan Publik, Ada yang Belum Terselesaikan
Ilustrasi kasus pembunuhan (unsplash)

ERA.id - Sepanjang tahun 2022, Indonesia mengalami banyak kasus yang menyita perhatian, salah satunya pembunuhan. Ada beberapa kasus pembunuhan di Indonesia yang menghebohkan dan membuat publik terheran-heran. Ada kasus yang melibatkan rakyat jelata, tetapi ada pula yang menjerat tokoh besar.

Terlepas dari banyaknya kasus di Indonesia, berikut adalah beberapa kasus pembunuhan yang menjadi sorotan publik dalam beberapa waktu terakhir.

Daftar Kasus Pembunuhan di Indonesia yang Menghebohkan Publik

·         Pembunuhan Brigadir J

Sampai saat ini, kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J belum juga menemui titik terang. Kasus ini melibatkan beberapa anggota kepolisian.

Salah satu hal yang menjadi sorotan dari kasus ini adalah terlibatnya jenderal kepolisan dalam pembunuhan tersebut. Seperti diketahui, Ferdy Sambo merupakan tersangka dalam kasus pembunuhan yang terjadi pada 8 Juli 2022 di kediamannya di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan itu.

Selain itu, kasus ini telah terjadi cukup lama, tetapi hingga saat ini belum ada putusan pengadilan. Terbaru, kasus tersebut akan memasuki sidang lanjutan dengan terdakwa Ferdy Sambo dkk. di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang akan digelar pada Senin 14 November 2022 hingga Jumat 18 November 2022.

·         Pembunuhan di Apartemen

Beberapa waktu lalu terjadi kasus pembunuhan di apartemen dengan tersangka Christian Rudolf Tobing. Korban pembunuhan adalah Ade Yunia Rizabani alias Icha yang merupakan temannya sendiri.

Salah satu hal yang membuat publik terkejut dan tidak habis pikir adalah gelagat pelaku setelah membunuh korban. Pelaku membungkus mayat korban menggunakan plastik dan membuangnya di kolong tol Becakayu.

Pelaku kemudian membawa mayat tersebut menggunakan troli. Ketika masuk ke dalam lift dengan troli tersebut, pembunuh tampak tersenyum. Hal tersebut terekam kamera di dalam lift.

Fakta baru terkait pembunuhan tersebut, semula pelaku ingin menggunakan jasa pembunuh bayaran. Hal tersebut disampaikan oleh Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Indrawienny Panjiyoga.

“Jadi rencananya dia (akan melakukan) pembunuhan dengan menggunakan jasa bayaran dan dia searching di internet,” terang Indrawienny, Sabtu, 22 Oktober 2022, dikutip Era dari Tempo.

Indrawienny mengatakan, Rudolf kemudian mengurungkan niat tersebut dengan alasan tarif pembunuh bayaran yang mahal.

“Karna tarifnya mahal, dia enggak sanggup bayar tarif, dan akhirnya diurungkan niatnya,” jelasnya.

·         Pembunuhan Anak Sepulang Mengaji

Identitas pelaku penusukan bocah 12 tahun di Cimahi (ANTARA)

Pada Rabu, 20 Oktober, seorang anak perempuan berinisial PS (12) tewas karena ditusuk pria tak dikenal. Hal tersebut terjadi tidak jauh dari rumah PS di Jalan Mukodar, RT 04/07, Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Pembunuh perempuan tersebut terekam CCTV yang terpasang di salah satu rumah warga. Polisi kemudian mencari pelaku penusukan dan mencari tahu motif dari aksi brutal tersebut.

Salah satu hal yang membuat publik heboh adalah korban merupakan anak kecil yang baru saja pulang mengaji. Di ditusuk di jalan menunju rumahnya.

Menurut penuturan paman korban, Galih Pratama (30), aksi penusukan berawal ketika PS pulang mengaji bersama teman-temannya, sekitar pukul 18.30 WIB. PS dan teman-temannya mengambil rute yang sedikit memutar agar bisa berjalan pulang bersama.

"Sesampainya di persimpangan menuju rumahnya, PS berpisah dengan temannya. Tanpa sadar ada seorang pria yang menikam menggunakan senjata tajam dari arah belakang," terang Galih.

Itulah beberapa kasus pembunuhan di Indonesia yang menghebohkan publik beberapa waktu belakangan ini. Selain tiga kasus tersebut, Indonesia memiliki setumpuk kasus kejahatan, baik yang telah terselesaikan maupun belum.

Rekomendasi