Jelang Pernikahan Kaesang, Kepolisian Jateng Siapkan Pengamanan Ketat Demi Hajatan Besar Presiden Jokowi

| 04 Dec 2022 23:00
Jelang Pernikahan Kaesang, Kepolisian Jateng Siapkan Pengamanan Ketat Demi Hajatan Besar Presiden Jokowi
Kaesang Pangarep dan Erina S Gudono (Instagram)

ERA.id - Menjelang hajatan mantu keluarga Presiden Joko Widodo kepolisian menyiapkan pengamanan. Mengingat hajatan ini merupakan menantu terakhir Presiden Jokowi karena yang menikah yakni putra bungsunya, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan bahwa akan ada kegiatan preventif menjelang pelaksanaan. Jadi kami lakukan seluruh Solo Raya dari mulai Sragen, Boyolali, Karanganyar dan seluruh 7 Polres di Solo Raya melakukan KKYT (kegiatan kepolisian yang ditingkatkan),” katanya pada Minggu (4/12/2022).

Kepolisian juga melakukan tactical floor game (TFG), di antaranya yakni floating jalur mulai dari kedatangan tamu, stay tamu di hotel hingga pergerakan tamu sampai di Mangkunegaran yang menjadi lokasi resepsi pernikahan.

Lebih lanjut ia menjelaskan pengamanan yang dilakukan meliputi pola-pola pengamanan beberapa jalur yang akan menjadi searah.

”Jadi tidak ada wilayah di kawasan Pura Mangkunegara yang sebagai ring satu tidak ada jalur yang kroscek,” jelasnya.

Terkait adanya hajatan ini kepolisian akan melakukan sosialisasi untuk pengalihan arus lalu lintas. Namun dipastikan dalam hajatan ini tidak akan ada penutupan arus lalu lalu lintas. Sehingga tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat wilayah Solo. Sosialisasi pengalihan arus tersebut akan dilakukan Dirlantas Polresta Solo.

"Pada prinsipnya  jajaran Polresta Surakarta dibackup Jawa Tengah sudah kita siapkan rencana termasuk beberapa pelibatan personel, plotting anggota,  pengalihan arus, tempat penyediaan parkir dan lain sebagainya," jelasnya.

Kapolda mengatakan semuanya telah disiapkan oleh jajaran kepolisian. Pengaturan yang dilakukan juga termasuk saat kedatangan tamu. Termasuk tamu dari bandara maupun tamu dari hotel.

"Dan memang atas kebijakan dari rapat pengamanan yang kita lakukan ada tamu yang sudah kita siapkan dengan shuttle bus di masing-masing hotel," katanya.

Selain itu ada tamu yang masuk hingga ke Mangkunegaran serta ada tamu yang sudah disiapkan untuk tempat parkirnya, Yakni di Benteng Vastenburg dan Stadion Manahan. Di lokasi tersebut juga sekaligus disediakan shuttle bus untuk mengantarkan tamu ke Pura Mangkunegaran. Sudah ada 220 shuttle bus yang disediakan untuk mengantar tamu

"Sehingga tidak terjadi crowded, karena apa peningkatan jumlah volume kendaraan. Dengan jumlah tamu sekitar 6.000, dimana hal itu sudah kita siasati dengan pengaturan arus, penyiapan shuttle bus.dan lain sebagainya," tandasnya.

Rekomendasi